Sukses


BRI Liga 1: PSIS Punya Pelatih Kiper Baru, Impor dari Inggris Guys

Bola.com, Semarang - Manajemen PSIS Semarang menambah komposisi tim pelatih. Pada Minggu (24/07/2022) Mahesa Jenar resmi mendatangkan pelatih kiper baru asal Inggris, Rory Grand.

Pria berusia 36 tahun ini merupakan pelatih kiper memiliki lisensi B Goalkeeper UEFA. Sebelumnya ia juga merupakan seorang penjaga gawang yang pernah berkarir di Solihull Moors (Inggris), Rushal Olympic (Inggris), dan Samut Prakan (Thailand).

Sepanjang kariernya sebagai pelatih kiper, Rory Grand pernah menangani True Bangkok United Thailand (2015-2018), Kerala Blasters India (2018-2019). Ia juga pernah menukangi Preah Khan Reach Svay Rieng Kamboja (2019-2021).

Saat di Bangkok United, Rory pernah mengantarkan beberapa penjaga gawang klub tersebut bersinar. Sebut saja Supanot Suadsong yang debut di Timnas Thailand U-19.

Lalu Varuth Wongsomak yang juga debut di Timnas Thailand U19, Sumethee Khokpho yang debut di Timnas U-21 Thailand, dipanggilnya Anusith Termee yang dipanggil Timnas U23 Thailand, dan Micheal Falkesgaard yang debut di Timnas Filipina.

 

2 dari 5 halaman

Asah Kiper Muda

Sedangkan saat di Kerala Blasters India, ia berhasil mengantarkan Dheeraj Singh debut di Timnas U23 India. Terakhir, saat di Kamboja, ia berhasil menjadi juara Liga Kamboja pada tahun 2019 dan mengantarkan anak asuhnya yakni Aim Sovannarath menjadi goalkeeper of the year Liga Kamboja di tahun 2019.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) PSIS Yoyok Sukawi, Rory Grand didatangkan untuk membesut dan menjadikan penjaga gawang muda PSIS bersinar seperti pengalamannya di beberapa klub.

"Rory kami rekrut karena pengalamannya. Ia merupakan pelatih kiper yang sering menciptakan penjaga gawang bersinar dan bisa bermain di Timnas," tandas Yoyok Sukawi pada Minggu (24/7) malam.

"Ini tentu bagus untuk PSIS, karena di PSIS banyak kiper muda dan kami berharap Rory dapat menggembleng kiper-kiper muda kami supaya jadi lebih baik dan matang kedepannya,” lanjutnya. 

 

3 dari 5 halaman

I Komang Putra Naik Jadi Asisten

Dengan datangnya Rory, pelatih kiper I Komang Putra akan naik menjadi asisten pelatih untuk membantu pelatih kepala Sergio Alexandre dan asisten pelatih Achmad Resal dalam membangun tim di Liga 1 2022/2023.

"Coach Komang akan naik jadi asisten pelatih. Ini supaya tim PSIS semakin matang dan komplet," tandas Yoyok Sukawi.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Tiga Kiper Minim Pengalaman

PSIS Semarang memiliki empat kiper di BRI Liga 1 musim ini. Mereka adalah Wahyu Tri Nugroho, Ray Redondo, Yofandani Damai Pranata, dan Fajar Setya Jaya.

Namun, hanya Wahyu Tri yang sudah memiliki pengalaman panjang di kancah sepak bola Inddonesia. Sementara tiga kiper yang lain bisa disebut minim pengalaman.

Ray Redondo, Fajar Setya Jaya, dan Yofandani Pranata selama ini lebih sering menjadi kiper cadangan di klub mereka sebelumnya.

Pada laga perdana BRI Liga 1 2022/2023 lalu, Ray Redondo ditampilkan menjadi kiper utama. Ia gagal clean sheets di laga yang berakhir imbang 1-1 melawan RANS Nusantara FC.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer