Sukses


Elkan Baggott: Gairah Sepak Bola di Indonesia Tak Kalah dengan Inggris

Bola.com, Kent - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, mengaku takjub dengan gairah masyarakat di Tanah Air terhadap sepak bola. Menurut Elkan, pemandangan itu tak berbeda dengan yang dilihatnya di Inggris.

Elkan Baggott menyebut, Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya sangat menggilai sepak bola. Latar belakang itu diungkapkan pemain berusia 19 tahun tersebut, karena melihat antusiasme dukungan masyarakat terhadap Timnas Indonesia saat bermain.

"Saya akan mengatakan sepak bola di sana sama besarnya dengan di Inggris. Sebagian besar anak-anak yang Anda lihat di Indonesia pernah bermain atau aktif bermain sepak bola," kata Elkan Baggott seperti dikutip Livescore.

Elkan bahkan menyebut, akun media sosialnya selalu diramaikan dukungan dari para suporter Timnas Indonesia. Semangat netizens Indonesia semakin berlipat ganda ketika Tim Garuda bermain.

"Anda hanya perlu melihat pesan dan tanggapan yang saya dapatkan di media sosial untuk melihat betapa bersemangatnya para pendukung," tegas Elkan Baggott.

2 dari 5 halaman

Rasakan Dampak

Elkan Baggott mengambil contoh soal akun media sosial Instagram miliknya yang mengalami lonjakan pengikut begitu membela Timnas Indonesia. Puncaknya terjadi ketika Elkan tampil di Piala AFF 2020 lalu.

"Cara pertumbuhan pengikuti media sosial saya gila. Lompatan utamanya ketika kami bermain pada sebuah turnamen di Singapura, Desember lalu," kenang Elkan Baggott.

"Jumlah pengikut saya naik dari 100 ribu menjadi lebih sejuta dalam waktu sekitar sepekan. Mereka benar-benar luar biasa," tegas Elkan Baggott.

 

3 dari 5 halaman

Bikin Merinding

Elkan Baggott tak bisa melupakan debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada November 2021. Menurut Elkan, dirinya sempat merinding saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan sebelum laga.

Elkan Baggott menandai debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada laga persahabatan melawan Afghanistan (16/11/2021). Ketika itu, pelatih Shin Tae-yong mempercayakannya bermain selama 70 menit.

"Sebenarnya, bermain untuk tim senior pertama kalinya adalah spesial. Menyanyikan lagu kebangsaan membuat Anda merinding dan bulu kuduk berdiri. Itu adalah momen yang sangat membanggakan bagi saya," kata Elkan Baggott.

4 dari 5 halaman

Gol Perdana

Selain pengalaman debut, Elkan Baggott juga tak bisa melupakan gol perdananya untuk Timnas Indonesia. Gol tersebut dicetak Elkan Baggott di Piala AFF 2020.

Dia mencetak gol ke gawang Malaysia saat membela Timnas Indonesia. Menurut Elkan Baggott, momen itu sangat berkesan untuknya.

"Mencetak gol perdana saya melawan Malaysia juga merupakan momen brilian. Saya menikmatinya," ucap Elkan Baggott.

5 dari 5 halaman

Sedang Berproses

Elkan Baggott optimistis masa depan Timnas Indonesia akan semakin berkembang. Untuk itu, Baggott berpesan agar suporter bersabar dengan proses yang sedang dilalui Tim Garuda.

"Banyak pemain di tim senior sekarang saya sekarang yang benar-benar datang bersama dari tim junior. Jadi, kami masih membutuhkan beberapa tahun lagi untuk memetik pengalaman agar bisa berkembang," kata Elkan Baggott

"Satu hal yang akan saya katakan kepada fans Indonesia adalah bersabarlah dengan kami. Sebab, kami masih muda namun saya yakin dalam beberapa tahun kami akan bersaing di puncak Asia," tegasnya.

Video Populer

Foto Populer