Sukses


Duel Pelatih Persebaya Vs Madura United di BRI Liga 1: Aji Santoso Dipaksa Peras Otak, Fabio Lefundes Lebih Santai

Bola.com, Jakarta Madura United bakal menjalani laga bergengsi bertajuk Derbi Jawa Timur kontra Persebaya Surabaya dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022) sore.

Klub berjulukan Laskar Sape Kerrap itu tengah dalam sorotan. Keberhasilan menyapu bersih tiga laga awal membuat Madura United untuk sementara duduk di puncak klasemen.

Tetapi Persebaya Surabaya tahu betul bagaimana mengalahkan mereka. Dalam enam pertandingan di kompetisi kasta tertinggi tanah air, Madura United hanya mampu meraup dua poin.

Faktor sejarah tentu tak bisa dijadikan patokan siapa yang bakal menang di pertandingan nanti. Tetapi hal itu dapat memberikan gambaran betapa sulitnya Madura United merebut poin dari 'sang tetangga'.

Lantas, strategi apa yang bakal digunakan kedua pelatih di pertandingan nanti? Bola.com coba mengulas taktikal yang bakal digunakan kedua tim di laga nanti.

2 dari 6 halaman

Aji Santoso Dipaksa Peras Otak

Persebaya Surabaya terlihat babak belur di awal kompetisi. Selagi deretan pemain baru terlihat belum nyetel dengan taktik yang diusung pelatih Aji Santoso, mereka juga harus kehilangan sejumlah pilar lantaran cedera.

M. Alwi Slamat yang didapuk sebagai kapten tim absen di beberapa laga setelah menjalani partai perdana. Sementara Leonardo Lelis belum diketahui kapan bakal kembali ke tim.

Pemain muda andalan Persebaya, Marselino Ferdinan juga masih diragukan kondisinya. Walaupun telah berlatih bersama rekan-rekannya yang lain, belum jelas statusnya untuk pertandingan nanti.

3 dari 6 halaman

Awas Blunder

Dengan kondisi tersebut, pelatih Aji Santoso tentu tak bisa terus memaksakan memainkan bola dari kaki ke kaki. Menghadapi Madura United yang punya serangan balik mematikan, hal ini bisa jadi blunder fatal.

Memainkan permainan yang sedikit pragmatis mungkin bakal mencederai filosofi sang pelatih. Tetapi hal itu justru yang paling realistis dilakukan Persebaya.

 

4 dari 6 halaman

Fabio Lefundes Lebih Santai

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes ingat betul bagaimana timnya takluk dua kali oleh Persebaya-nya Aji Santoso musim lalu. Tetapi ia terlihat sedikit lebih percaya diri di pertandingan nanti.

Bekal tiga kemenangan jelas membangkitkan motivasi anak asuhnya. Belum lagi kondisi Persebaya yang telah berbeda jauh dibandingkan dengan wajah mereka musim lalu.

Madura United juga tak memiliki kendala berarti dengan kebugaran. Rotasi pemain yang dilakukannya sukses besar lantaran semua pemain telah memahami peran yang diinginkan sang pelatih.

5 dari 6 halaman

Bermain Sabar

Bermain sedikit menunggu bakal jadi opsi yang kemungkinan besar bakal diambil Madura United. Taktik ini telah terbukti ampuh mengingat mereka memiliki barisan pemain yang pintar dalam memanfaatkan momen ini.

Bila Persebaya gegabah melakukan serangan sporadis, Madura United mungkin bakal memberikan luka pertama bagi Persebaya di kandangnya musim ini.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer