Sukses


Hasil BRI Liga 1: Tensi Panas Derbi Suramadu, Persebaya dan Madura United Berbagi Angka

Bola.com, Jakarta Persebaya Surabaya dan Madura United harus puas berbagi angka pada pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023. Duel bertajuk Derbi Suramadu itu berakhir 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022) sore WIB.

Madura United berhasil unggul lebih dulu berkat gol Luiz Marcelo Lulinha pada menit ketujuh. Tetapi, Persebaya Surabaya membalasnya dengan dua gol berkat aksi Silvio Junior (28’) dan Sho Yamamoto (49’).

Terakhir, skor jadi sama kuat lagi lewat gol Cleberson Martins pada menit ke-90+3.

Titel Derbi Suramadu sebagai pertandingan yang sengit dan tensi panas sangat terlihat dalam duel ini. Kedua tim memainkan sepak bola menyerang, bahkan tak jarang melahirkan adu mulut atau pelanggaran keras.

Hasil tersebut membuat Persebaya Surabaya naik ke peringkat ke-12 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan empat poin. Adapun Madura United tetap di puncak klasemen dengan nilai 10.

Babak II

Interval kedua berjalan tidak kalah sengitnya. Tapi, Persebaya memegang kendali permainan dan mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Gol ini lahir pada menit ke-49 lewat proses yang apik.

Berawal dari sepakan bebas Higor Vidal, bola mengarah ke kotak penalti. Sho Yamamoto secara mengejutkan melakukan tendangan setengah salto tanpa melompat. Dia mengubah arah bola yang akhirnya masuk ke gawang Madura United.

Persebaya mencetak gol lagi pada menit ke-53. Kali ini, Higor Vidal mengirim umpan tendangan pojok yang disambut sundulan Silvio Junior. Bola masuk ke gawang lawan, namun wasit menganulirnya karena menganggap Leo Lelis melanggar Cleberson Martins.

 

2 dari 7 halaman

Babak I

Madura United malah tampil jadi tim yang agresif pada awal laga. Baru menit kedua, ancaman pertama muncul lewat Slamet Nurcahyo yang menerima bola dari Esteban Vizcarra. Bola hasil sepekan Slamat masih bisa ditepis kiper Andhika Ramadhani.

Tim tamu berhasil unggul dulu lewat gol pada menit ketujuh. Itu bermula dari serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Esteban Vizcarra dengan membawa bola dari belakang ke depan. Dia pun mengumpan pada Lulinha yang diakhiri sepakan keras ke gawang Persebaya.

Kondisi tertinggal 0-1 membuat para pemain Persebaya Surabaya bergerak untuk segera mencetak gol balasan. Baru pada menit ke-17, peluang pertama mereka lahir lewat sepakan melengkung Silvio Junior, tapi belum mengarah ke gawang.

 

3 dari 7 halaman

Persebaya Menyamakan Kedudukan

Gol balasan dari Persebaya akhirnya lahir pada menit ke-28. Mulanya, Koko Ari Araya menyisir sisi kanan yang memberi bola kepada Ahmad Nufiandani dan diteruskan dengan umpan silang. Bola disambut Silvio dengan sundulan yang gagal dibendung kiper Rendy Oscario.

Kondisi sama kuat membuat permainan berjalan sengit. Sengitnya laga ini semakin terasa dengan insiden pada menit ke-41.

Penyebabnya, Silvio Junior dijatuhkan Hugo Gomes Jaja dan wasit menganggapnya pelanggaran. Jaja dan Cleberson Martins lantas terlihat melakukan provokasi dan pemain kedua tim sempat terlibat adu mulut.

Beberapa kali peluang masih tercipta, namun tak ada gol lagi sampai babak pertama berakhir. Skor 1-1 menghiasi waktu turun minum.

 

4 dari 7 halaman

Semakin Panas

Tensi Derbi Suramadu semakin panas karena beberapa kali pelanggaran keras dilakukan oleh para pemain dari kedua kubu. Wasit juga kerap mendapat protes dari para pemain yang membuat laga beberapa kali terhenti.

Madura United bukannya tanpa peluang pada babak kedua. Kans mencetak gol itu lahir pada menit ke-80, setelah Beto Goncalves melepas tembakan dengan memanfaatkan umpan Lulinha. Sayang, sepekannya bisa dibendung Andhika.

Drama pun muncul lantaran Madura United mencetak gol pada menit akhir, tepatnya menit ke-90+3. Itu bermula dari sepakan pojok, bola mengarah kepada Cleberson Martins dan diselesaikan menjadi gol.

Wasit pun meniup peluit panjang dengan hasil imbang 2-2. Persebaya dan Madura United pun dipaksa berbagi angka.

 

5 dari 7 halaman

Susunan Pemain:

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Koko Ari Araya, Leo Lelis, Rizky Ridho, Alta Ballah (belakang); Risky Dwiyan, Muhammad Hidayat, Higor Vidal (tengah); Ahmad Nufiandani, Silvio Junior, Sho Yamamoto (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Madura United (4-3-3): Rendy Oscario (kiper); Dodi Alexvan, Cleberson Martins, Fachruddin Aryanto, Reva Adi Utama (belakang); Ricki Ariansyah, Hugo Gomes Jaja, Slamet Nurcahyo (tengah); Esteban Vizcarra, Pedro Henrique, Lulinha (depan)

Pelatih: Fabio Lefundes

 

6 dari 7 halaman

Hasil dan Jadwal Pekan Keempat BRI Liga 1

Jumat, 12 Agustus 2022

  • Persik Kediri 1-2 Borneo FC

Sabtu, 13 Agustus 2022

  • Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
  • PSS Sleman 1-0 Barito Putera
  • Bali United 1-2 Arema FC

Minggu, 14 Agustus 2022

  • Dewa United 2-0 Bhayangkara FC
  • Persebaya Surabaya 2-2 Madura United
  • Persis Solo Vs Persita Tangerang
  • Persikabo 1973 Vs Persija Jakarta

Senin, 15 Agustus 2022

  • RANS Nusantara FC Vs PSM Makassar
7 dari 7 halaman

Simak Posisi Madura United dan Persebaya

Video Populer

Foto Populer