Sukses


Waduh! Iwan Bule Sebut Jadwal Padat, Piala Indonesia Terancam Batal

Bola.com, Jakarta - Piala Indonesia 2022/2023 tidak kunjung digelar. PSSI akan memberikan kepastian terkait keberlangsungan turnamen pendamping BRI Liga 1 itu pada pekan depan.

PSSI pernah menjanjikan akan kembali menghidupkan Piala Indonesia setelah mati suri selama tiga tahun pada pertengahan tahun ini.

PSSI berencana untuk menyelenggarakan Piala Indonesia musim 2022/2023 pada Agustus 2022 hingga Mei 2023 berdasarkan keputusan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Juni 2022.

Sekarang, situasinya berbalik. PSSI tidak dapat menggaransi Piala Indonesia untuk berjalan atau tidak karena mengklaim tengah menjalani jadwal yang padat.

2 dari 5 halaman

Koordinasi dengan PT LIB

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan akan berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada pekan depan sebelum memutuskan nasib Piala Indonesia.

"Sedang kami jajaki karena jadwal cukup padat. Pekan depan akan kamu komunikasikan ke PT LIB apakah bisa bergulir atau tidak," ujar Iriawan.

"Yang jelas saat ini, kami akan menghadapi beberapa kejuaraan. Sehingga kami fokus pada Liga 2 yang akan bergulir juga," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Jadwal Padat

PSSI akan menggulirkan Liga 2 2022 pada 27 Agustus 2022. Selain itu, Timnas Indonesia senior, U-19, dan U-16 juga bakal kembali beraktivitas dalam waktu dekat.

"Setelah itu, Timnas Indonesia juga akan bermain dan ini banyak sekali. Kami harus bersabar. Keputusan tepatnya pada minggu depan," tutur Iriawan.

"Piala Indonesia masih 50-50. Yang jelas, kami akan melihat dulu karena saat ini BRI Liga 1 sedang fokus dan Liga 2 harus jelas," terangnya.

4 dari 5 halaman

Kompetisi Jadi Prioritas

Iriawan mengatakan bahwa prioritasnya adalah menggelar kompetisi lebih dulu. Setelah BRI Liga 1 sudah dimulai, Liga 2 segera kick-off, PSSI tinggal merancang jadwal Liga 3.

"Kompetisi harus digulirkan lebih dulu seperti BRI Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Ini yang harus menjadi fokus," ujar Iriawan.

"Jadi, terkait Piala Indonesia, kami akan diskusikan dan kepastiannya bakal diberikan pada pekan depan," terang pria berusia 60 tahun itu.

5 dari 5 halaman

Surat Edaran

Sebelumnya, dalam suratnya bertanggal 27 Juni 2022 bernomor 2312/PGD/223/VI-2022 perihal Edaran I Kompetisi Piala Indonesia Tahun 2023, PSSI melampirkan tiga poin terkait Piala Indonesia.

Pertama soal Umum, kedua terkait Pemain dan Ofisial, dan ketiga tentang Format Kompetisi. Piala Indonesia akan diikuti oleh 64 klub yang terdiri dari 18 tim Liga 1, 28 klub Liga 2, dan 18 kesebelasan Liga 3.

PSSI juga menjelaskan bahwa pemenang Piala Indonesia musim ini berpeluang untuk lolos ke Piala AFC 2023.

Video Populer

Foto Populer