Sukses


Hasil BRI Liga 1: Borneo FC Bungkam Persebaya, Persis Solo Raih Kemenangan Perdana

Bola.com, Samarinda - Borneo FC sukses mengamankan poin penuh dalam laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023. Mereka menang 2-1 saat menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (19/8/2022) malam.

Persebaya sebenarnya mengawali pertandingan ini dengan melakukan percobaan tembakan. Di menit keenam, peluang pertama mereka lahir lewat striker Silvio Junior. Namun, sepakannya masih belum mengarah ke gawang.

Di menit kesembilan, giliran Borneo FC yang menebar ancaman. Kali ini, Stefano Lilipaly menciptakan peluang setelah menerima bola dari Matheus Pato. Sayang, tembakannya bisa diblok kiper Satria Tama.

Bajul Ijo hampir menjebol gawang Borneo FC saat memasuki menit ke-25. Itu berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan oleh bek asing Leo Lelis. Sepakannya keras mendatar dan bisa ditangkap oleh kiper Dwi Kuswanto.

2 dari 7 halaman

Sengit

Percobaan Persebaya masih belum berhenti di situ. Memasuki menit ke-29, Supriadi mengirim bola kepada Michael Rumere yang berada di tengah lapangan. Kali ini, sepakan Rumere masih melambung di atas mistar.

Peluang emas Borneo kembali muncul di menit ke-35. Kali ini giliran Matheus Pato yang mendapat kans di depan kotak penalti. Dia melakukan tendangan salto, namun bola masih melebar dari gawang Persebaya.

Di injury time babak pertama, Persebaya memberi ancaman lagi lewat Silvio Junior yang sepakan kerasnya masih melenceng dari gawang Pesut Etam. Tanpa gol, babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

3 dari 7 halaman

Babak II

Persebaya mengawali babak kedua masih dengan permainan agresif. Peluang di menit ke-47 lahir setelah sepakan Marselino Ferdinan diblok Dwikus. Bola muntah kemudian disambar oleh Ahmad Nufiandani dan kali ini tidak tepat sasaran.

Hanya dua menit kemudian, giliran Borneo FC yang merepotkan pertahanan Persebaya. Adalah Matheus Pato yang kembali mencoba melepas tembakan, kali ini dari jarak cukup jauh. Sepakan keras mendatarnya mampu diamankan Satria Tama.

Silvio Junior melakukan percobaan tembakan lagi di menit ke-52, Dwikus pun bisa mengamankannya. Empat menit kemudian, tandukan Leo Lelis dari skema sepak pojok juga mengarah ke gawang, namun bola berhasil di halau bek Borneo.

Gol yang dinantikan akhirnya lahir di menit ke-62 untuk Borneo FC. Itu berkat sepakan bebas yang dieksekusi oleh Stefano Lilipaly dan diselesaikan dengan sundulan oleh Matheus Pato. Kali ini, Satria Tama gagal mengamankannya.

Keunggulan Borneo tak bertahan lama karena Persebaya mencetak gol balasan di menit ke-67. Silvio Junior yang beberapa kali mengirim ancaman akhirnya mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan keras dan membuat skor menjadi 1-1.

4 dari 7 halaman

Matheus Pato Tentukan Kemenangan

Namun, Borneo mendapat hadiah penalti setelah Muhammad Sihran dijatuhkan Catur Pamungkas di menit ke-89. Pato yang menjadi eksekutor penalti sukses mencetak gol keduanya di laga ini dan membuat timnya unggul 2-1.

Di waktu yang tersisa, tak ada gol tambahan. Kemenangan ini membuat Borneo FC berhasil mengoleksi 12 poin dari lima laga. Sedangkan Persebaya masih mengemas empat angka dan berpotensi turun peringkat di klasemen sementara.

5 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Fajar Fathurrahman, Diego Michiels, Javlon Guseynov, Leo Guntara (belakang); Hendro Siswanto, Kei Hirose, Jonathan Bustos (tengah); Terens Puhiri, Matheus Pato, Stefano Lilipaly (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Persebaya (4-3-3): Satria Tama (kiper); Koko Ari Araya, Leo Lelis, Rizky Ridho, Catur Pamungkas (belakang); Michael Rumere, Muhammad Hidayat, Alwi Slamat (tengah); Mochammad Supriadi, Silvio Junior, Sho Yamamoto (depan)

Pelatih: Aji Santoso

6 dari 7 halaman

Poin Pertama Persis Solo

Pada pertandingan lainnya, Persis Solo untuk pertama kalinya meraih poin di BRI Liga 1. Tim berjulukan Laskar Sambernyawa menang tipis 1-0 atas tuan rumah Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Gol Persis dicetak oleh Fernando Rodriguez pada babak kedua. Tepatnya pada menit ke-54, pemain asal Spanyol itu menjebol gawang Awan Setho melalui sundulan memanfaatkan situasi set piece.

Dalam pertandingan ini, Persis Solo mampu mengimbangi permainan ofensif tuan rumah Bhayangkara. Beruntung penjaga gawang Muhammad Riyandi tampil apik dan mencatatkan cleas sheets.

Berkat kemenangan ini, Persis melejit ke posisi 15 dengan nilai tiga. Sementara Bhayangkara FC di urutan ke-13 dengan nilai 5.

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Persaingan Tim Favoritmu Musim Ini

Video Populer

Foto Populer