Sukses


Kumpulan Komentar Asyik Shin Tae-yong Selama Kualifikasi Piala Asia U-20: Balas Dendam atas Vietnam, Paling Mantap!

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 tampil meyakinkan dalam dua laga awal kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Tim besutan Shin Tae-yong lolos ke Piala Asia U-20 sebagai juara grup F. Mereka menang dengan skor telak saat melawan Timor Leste (4-0) dan Hong Kong (5-1). Timnas Indonesia total mencetak 12 gol dan kemasukan 3 gol.

Di balik permainan atraktif, beragam komentar Shin Tae-yong juga menarik perhatian. Pelatih asal Korea Selatan itu sering meluncurkan statemen yang menarik. Berikut kumpulan komentar STY selama kualfikasi Piala Asia U-20. 

2 dari 5 halaman

Tak Remehkan Timor Leste

Timnas Indonesia U-20 punya catatan positif ketika bersua dengan Timor Leste. Dalam berbagai ajang, Merah Putih lebih sering menang saat bertemu negara yang pernah jadi bagian dari Indonesia tersebut.

Namun di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20, Shin Tae-yong tak ingin anak buahnya memandang Timor Leste sebelah mata. Mereka bertemu pada laga pertama di Stadion Gelora Bung Tomo (14/9/2022).

“Bola itu bundar. Timor Leste menunjukkan permainan yang baik di AFF lalu. Jadi, pemain Indonesia tidak boleh lengah dan bekerja maksimal,” terangnya.

Benar saja, Timnas Indonesia U-20 tampil garang. Mereka menang meyakinkan 4-0.

3 dari 5 halaman

Puji Pemain Pelapis

Pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia menurunkan mayoritas pemain pelapis, yakni saat melawan Hong Kong (16/9/2022). Hanya dua pemain inti yang dipertahankan dalam starting eleven, kiper Cahya Supriyadi dan Beri Santoso.

Namun performa Timnas Indonesia U-20 tetap garang. Mereka melibas Hong Kong 5-1. STY tak ragu memberikan pujian untuk Rabbani Tasnim dkk.

"Memang untuk rotasi pemain. Sengaja dilajukan untuk menguji coba kemampuan pemain cadangan. Saya sangat puas atas kerja keras mereka," kata Shin Tae-yong usai mengalahkan Hong Kong.

 

4 dari 5 halaman

Minta Dukungan Suporter

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya jadi markas Timnas Indonesia saat menjalani Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20. Sayangnya, jumlah penonton yang datang dalam dua laga awal sangat rendah. Sekitar 3 ribu penonton saja rata-rata yang datang saat pertandingan melawan Timor Leste dan Hong Kong.

Sebuah pemandangan yang jarang terjadi. Biasanya Timnas Indonesia dapat dukungan penuh dari suporter. Melawan Vietnam pada laga terakhir kualifikasi, Shin Tae-yong berharap suporter yang datang lebih banyak.

“Semga lebih banyak penonton yang datang menyaksikan (langsung) kemenangan Indonesia atas Vietnam,” tegasnya.

Harapan STY pun terpenuhi. Warga Surabaya dan sekitarnya memerahkan GBT dan menjadi saksi kemenangan Indonesia.

5 dari 5 halaman

Balas Dendam ke Vietnam

Beberapa tahun terakhir Vietnam seperti jadi musuh bebuyutan Indonesia. Sebab, beberapa laga terakhir dua negara sering terlibat duel sengit. Indonesia dan Vietnam bertemu kembali di laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-20, Minggu (18/9/2022).

Ini jadi ajang balas dendam bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini menyimpan dendam dari ajang Piala AFF U-19 pada Juli lalu. Waktu itu Timnas Indonesia tersingkir di fase grup karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga terakhir.

“Saat Piala AFF U-19, Thailand dan Vientam tidak sportif. Kami dirugikan olenya. Tetapi kali ini, Timnas Indonesia U-20 perlu melakukan balas dendam kepada mereka,” kata Shin Tae-yong sebelum laga lawan Vietnam. 

STY pun lega akhirnya bisa pecah telur mengalahkan Vietnam.

Video Populer

Foto Populer