Sukses


Rapor pemain Timnas Indonesia U-20 Setelah Menumbangkan Vietnam dan Lolos ke Piala Asia: Mental Berbicara!

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 mencatatkan hasil sempurna di Kualifikasi Grup F Piala AFC U-20. Dalam laga terakhir di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Tim besutan Shin Tae-yong ini menekuk lawan tangguh, Vietnam 3-2. Sebelumnya, Indonesia menang telak saat menghadapi Timor Leste (4-0) dan Hong Kong (5-1). Sehingga Merah Putih keluar sebagai juara Grup F dan lolos ke Piala AFC 2023 di Uzbekistan.

Timnas Indonesia mengawali pertandingan dengan lumayan bagus. Mereka memberikan beberapa tekanan ke daerah pertahanan Vietnam. Namun babak pertama berakhir tanpa gol. Vietnam tampil bertahan dan efektif dalam melakukan serangan balik.

Bisa dibilang kemenangan Timnas Indonesia tak lepas dari taktik pergantian pemain. Marselino Ferdinan yang masuk di babak kedua mencetak gol pertama di menit 60. Namun kedudukan menjadi imbang setelah Muhammad Ferrari mencetak gol bunuh diri. Indonesia sempat tertinggal 2-1 setelah Vietnam menggandakan kedudukan di menit 78 lewat gol Dinh Xuan Tien.

Beruntung mental pemain Indonesia tidak down. Mereka membalas lewat dua gol Ferrari dan Rabbani Tasnim. Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-20 setelah menundukkan Vietnam.

2 dari 6 halaman

Kiper

Aditya Arya Nugraha: 6,5

Ini jadi kali pertama Aditya tampil sejak menit awal. Sebab, kiper utama Cahya Supriyadi mengalami cedera di laga sebelumnya. Performanya tak terlalu buruk. Dia melakukan 4 kali save. Namun Aditya terlihat masih belum tenang. Beberapa kali tepisan bolanya masih tanggung. Gawangnya juga kemasukan 2 gol. 

3 dari 6 halaman

Belakang

Kakang Rudianto: 7

Permainannya tak seagresif biasanya. Kakang hanya di awal laga banyak membantu serangan. Setelah itu dia fokus bertahan. Crossing yang jadi andalannya untuk menyuplai lini depan jarang terlihat. Itu sebabnya dia diganti pada pertengahan babak kedua.

Dimas Juliono: 6,5

Beberapa kali dia ketetaran menghadapi serangan balik Vietnam. Dia tidak dalam posisinya ketika Vietnam mencetak dua gol.

Muhammad Ferrari: 7

Bisa dibilang bek Persija ini punya beban berat dalam laga ini. Sebagai kapten tim, dia mencetak gol bunuh diri di menit 66. Untung mentalnya tidak down. Dia berhasil mencetak gol di menit 22 saat Indonesia tertinggal 2-1.

Frengki Missa: 7

Bermain di bek kiri, dia sempat dapat peluang emas di babak pertama. Tapi tendangannya didalam kotak penalti tak menemui sasaran. Sedangkan nilai negatifnya dia salah mengantisipasi pergerakan winger Vietnam yang akhirnya berbuah gol pada menit 66.

4 dari 6 halaman

Tengah

Robi Darwis: 7

Seperti biasa, dia jadi pemain yang cukup sibuk. Kadang jadi gelandang bertahan, tapi tiba-tiba ada di posisi stoper. Performanya lumayan, meski tak berkontribusi terhadap proses gol yang diciptakan Timnas Indonesia. Karena sebelumnya dia sempat membuat assist saat melawan Hong Kong. 

Zanadin Fariz: 7

Performanya memang tak sebagus dalam laga sebelumnya. Namun perjuangannya di lini tengah patut di apresiasi. Karena dia sudah berupaya keras untuk memenangi penguasaan bola di lini tengah.

Arkhan Fikri: 6,5

Pada laga ini, Arkhan beberapa kali kehilangan bola. Determinasinya bisa diapresiasi. Namun Arkhan sering terlalu lama membawa bola. 

5 dari 6 halaman

Depan

Ronaldo Kwateh: 6,5

Dia sempat mendapatkan beberapa peluang di babak pertama. Sayang, tidak ada yang berbuah gol. Karena performanya kurang maksimal, dia diganti saat turun minum. 

Hokky Caraka: 7

Striker utama Timnas Indonesia ini jarang dapat peluang seperti laga-laga sebelumnya. Dia dapat pengawalan ketat dari pemain belakang lawan. Sebenarnya ada satu peluang emas didepan gawang pada babak pertama. Tapi tandukannya menyamping. 

Ginanjar Wahyu: 7

Striker sayap ini sudah berjuang keras sampai menit 76. Meskipun kesulitan menembus pertahanan Vietnam, dia beberapa kali bisa merepotkan dengan kecepatannya.

6 dari 6 halaman

Pengganti

Marselino Ferdinan: 8

Gelandang Persebaya Surabaya ini memberikan perubahan di babak kedua. Dia sepertinya sengaja disimpan di babak pertama. Menit 60, Marselino mencetak gol pertama. Aksi-aksinya juga membuat lini belakang Vietnam ketar-ketir. 

Achmad Maulana: 6,5

Dia jadi pemain terakhir yang dimasukkan di laga ini. Jadi, permainannya belum terlihat mengingat dia masuk pada menit 89. Masuknya Maulana hanya untuk menghabiskan waktu. 

Beri Santoso: 6,5

Beroperasi di striker sayap, Beri beberapa kali melakukan akselerasi. Dia lumayan membuat serangan Timnas Indonesia lebih tajam. 

Rabbani Rasnim: 7,5

Salah satu bintang pada laga ini. Rabbani mencetak gol kemenangan [ada menit 85. 

Alfrianto Nico: 7

Bermain di sayap kanan, Nico memberikan kontribusi besar. Dia memberikan assist untuk gol ketiga Timnas Indonesia yang dicetak Rabbani. 

 

Video Populer

Foto Populer