Sukses


BRI Liga 1: Barito Putera Belum Menunjuk Pelatih Kepala Baru, Siapa Sosok Paling Layak?

Bola.com, Jakarta - Barito Putera belum mengontrak pelatih kepala baru pasca pemberhentian Dejan Antonic pada 25 Agustus lalu. Untuk sementara, pelatih fisik Vitor Tinoco ditunjuk sebagai karetaker.

Total empat pertandingan telah dijalani Tinoco sejak 28 Agustus silam. Rapor terbaik sosok asal Brasil itu, ketika Laskar Antasari ditahan imbang Arema FC 1-1 di kandang.

Tiga partai lainnya berakhir dengan kekalahan dari RANS Nusantara 2-1, Persija 0-1, dan Persib 5-2.

CEO Barito Putera berniat segera mengumumkan nama arsitek anyar. Namun hingga berakhirnya pekan kesepuluh BRI Liga 1 2022/2023, sosok juru taktik itu belum juga nampak.

Lali siapakah yang layak sebagai nakhoda baru klub yang didirikan almarhum HA Sulaiman HB pada 21 April 1988 ini?

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Mundari Karya dan Yunan Helmi

Jika merujuk pada loyalitas dan kedekatan emosional, nama Mundari Karya dan Yunan Helmi pantas diapungkan. Dua pelatih lokal ini juga telah mengantongi lisensi AFC Pro sesuai regulasi dari PT LIB.

Mereka juga sempat menukangi Rizki Pora dkk. pada 2017 dan 2019. Bahkan Yunan Helmi pernah menggantikan posisi Jacksen Tiago yang mundur dari skuad.

Saat ini, Mundari Karya dipercaya kembali menjabat Direktur Akademi Barito Putera. Sedangkan Yunan Helmi sebagai asisten pelatih senior.

Kemungkinan lantaran faktor prestasi Mundari dan Yunan yang kurang bagus, manajemen Barito Putera masih memakai tenaga asing untuk membesut tim.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Jacksen Tiago

Jika Barito Putera mencari arsitek impor, nama Jacksen Tiago perlu dipertimbangkan lagi. Rapor sosok asal Brasil ini cukup bagus selama memoles Barito Putera pada 2018-2019 lalu.

Barito Putera sempat dibawanya sebagai pimpinan klasemen putaran pertama 2018. Namun pelan-pelan posisi mereka melorot dan gagal menjadi kampiun musim itu.

Pada putaran kedua 2109, Jacksen terpaksa harus mengembalikan mandat kepada manajemen Barito Putera dan kembali menukangi Persipura.

Kini pelatih sarat prestasi itu sedang kosong, setelah kontraknya dihentikan Persis Solo.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Barito Putera Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer