Sukses


Deretan Pemain Asia Paling Moncer di BRI Liga 1 Musim Ini: Ada Pemain Klub Papan Bawah!

 

Bola.com, Surabaya - Kualitas kompetisi sepak bola di suatu negara tidak akan pernah lepas dari peran pemain asing. Suka atau tidak, termasuk di BRI Liga 1, nyatanya kehadiran mereka membawa pengaruh positif dalam aspek teknis maupun non-teknis.

Kebolehan para ekspatriat ini sangat berpengaruh besar bagi kesuksesan sebuah tim. Jika keliru memilih pemain, siap-siap prestasi tim bakal terjun bebas di kompetisi.

Saat ini, terdapat 72 pemain asing yang 'mengais' rezeki di tanah air. Brasil masih menjadi importir terbesar dengan menyumbangkan 29 pemainnya di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Kejutan terjadi di peringkat kedua yang dihuni oleh Jepang lewat sumbangsih delapan pemainnya. Sukses Kei Hirose dan Taisei Marukawa dalam dua musim kompetisi terakhir, membuat banyak klub mulai berpaling ke Negeri Sakura.

Lantas dari deretan para pemain asing ini, siapa saja pemain asal Asia yang menjadi bintang sepanjang 10 laga perdana kompetisi BRI Liga 1 musim ini? Berikut ulasan selengkapnya:

2 dari 6 halaman

Rohit Chand (Nepal/Persik Kediri)

Persik Kediri boleh berada di dasar klasemen BRI Liga 1 2022/2023 tanpa satu pun meraih kemenangan. Namun, menyalahkan Rohit Chand atas keterpurukan itu jelas sebuah kesalahan besar.

Mantan penggawa Persija Jakarta itu jadi pemain paling konsisten bagi klub berjulukan Macan Putih tersebut.

Kepiawaiannya membuat pelatih menaruhnya sedikit ke belakang untuk menambal benteng pertahanan yang rapuh.

Walaupun bermain di posisi bek tengah, ia tetap mampu menginisiasi permainan timnya. Panggilan ke Timnas Nepal menjadi bukti bila Rohit masih merupakan pemain yang hebat.

3 dari 6 halaman

Bae Sin-yeong (Korea Selatan/Persita Tangerang)

Bukan tanpa alasan Persita Tangerang mempertahankan Bae Sin-yeong di kompetisi musim ini. Ia jadi satu-satunya penggawa asing Pendekar Cisadane, julukan Persita, musim lalu yang mendapatkan perpanjangan kontrak.

Bermain sebagai gelandang tengah, pria asal Korea Selatan itu menjadi jangkar yang tangguh bagi permainan Persita. Tak hanya kuat dalam bertahan, ia pun juga kerap menjadi pemecah kebuntuan bagi timnya.

Satu gol dan dua assist yang diciptakannya sejauh musim ini berjalan memperlihatkan ada sedikti perubahan peran yang diberikan pelatih Alfredo Vera musim ini.

4 dari 6 halaman

Sho Yamamoto (Jepang/Persebaya Surabaya)

Mendapatkan mandat menjadi pengganti pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022, Taisei Marukawa, di Persebaya Surabaya jelas sebuah beban yang sangat besar. Namun, Sho Yamamoto berhasil mengembannya dengan cukup baik.

Walaupun memiliki gaya permainan yang berbeda dengan kompatriotnya, Sho tetap membuktikan mampu menjadi pemain penting Persebaya musim ini. Di tengah labilnya permainan tim, ia masih mampu menjaga performa terbaiknya.

Tiga gol dan satu assist yang dibuatnya sejauh ini memang belum mampu mengangkat performa Persebaya secara keseluruhan. Butuh dukungan semua pemain untuk membawa The Green Force, julukan Persebaya, kembali ke papan atas.

 

5 dari 6 halaman

Tomoki Wada (Jepang/Persikabo 1973)

Pemain Jepang lain yang tampil moncer sejauh ini adalah Tomoki Wada. Gelandang milik Persikabo 1973 itu menjalin kemitraan yang baik dengan Bruno Dybal di lapangan tengah.

Walaupun tak selalu ditampilkan sebagai starter, eks Vissel Kobe ini tetap mampu memberikan kontribusi terbaiknya. Dalam delapan laga, ia sudah menyumbang satu gol dan dua assist untuk timnya.

Cepat atau lambat, Wada bisa jadi pemain penting dalam perjalanan Laskar Padjajaran, julukan Persikabo, musim ini. Dengan kemampuan membawa bola yang baik, ia bisa jadi senjata mematikan bagi klub arahan Djadjang Nurdjaman ini.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer