Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Ungkap Penyebab Utama Banyak Pemain Mengalami Cedera

Bola.com, Malang - Ketika kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 tengah dijeda untuk FIFA Matchday saat ini, tim medis Arema FC memanfaatkan waktu untuk merawat deretan pemain Singo Edan yang mengalami cedera.

Sempat ada tujuh pemain Arema FC yang harus berlatih terpisah dari rekan-rekannya dan berlatih intensif dengan tim medis. Empat di antaranya adalah pemain asing.

Beruntung satu per satu pemain mulai membaik kondisinya, seperti Adilson Maringa, Abel Camara, dan Ahmad Alfarizi. Kini tinggal Renshi Yamaguchi dan Sergio Silva yang masih dalam perawatan intensif.

Sementara itu, dua pemain Arema FC, Kushedya Hari Yudo dan Syaeful Anwar, masih butuh waktu selama berbulan-bulan ke depan karena mereka sempat menjalani operasi lutut.

2 dari 6 halaman

Faktor Penyebab Cedera

 

Dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi, mengungkapkan faktor di balik banyaknya pasien cedera saat ini. Menurutnya, satu yang utama adalah faktor kelelahan.

"Pemain cedera mayoritas karena over use. Indikasinya cedera yang baru-baru ini tidak ada yang berasal dari benturan," ujar Nanang mengungkapkan bahwa terlalu banyak bermain menjadi faktor utama munculnya cedera pemain Arema FC.

3 dari 6 halaman

Javier Roca Sempat Mengeluh

 

Pelatih Arema FC, Javier Roca, sempat mengeluhkan pemainnya terlalu letih ketika sang pelatih baru datang menangani Singo Edan. Hal itu karena warisan dari pelatih sebelumnya, Eduardo Almeida.

Javier Roca pun sempat menurunkan intensitas latihan. Namun, sekarang dia kembali menaikkan intensitas latihan demi memperbaiki fisik pemain setelah mendapatkan libur.

"Kalau sekarang, program latihan fisik pasti sudah disusun dengan baik oleh tim pelatih," ujar Nanang.

4 dari 6 halaman

Rotasi

 

Agar kasus pemain kelelahan tidak terjadi dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Javier roca sudah mempersiapkan solusinya, yaitu rotasi pemain. Dia tidak akan terpaku dengan starting eleven yang sama dalam setiap pertandingan.

Hal tersebut bisa menjadi perbedaan kondisi yang cukup jauh antara pemain inti dengan cadangan di skuad Arema FC.

"Saya tidak ingin menit bermain pemain terlalu jauh. Itu bisa membaut pemain pengganti kondisinya tidak bagus. Jadi harus dibuat yang ideal," tegasnya.

 

 
5 dari 6 halaman

Daftar Pemain Cedera di Skuad Arema FC

  1. Sergio Silva (hamstring)
  2. Renshi Yamaguchi (paha)
  3. Ahmad Alfarizi (betis)
  4. Abel Camara (hamstring)
  5. Kushedya Hari Yudo (lutut)
  6. Syaeful Anwar (lutut) 
6 dari 6 halaman

Posisi Arema FC di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer