Sukses


Respons Positif Media Korea atas Rencana PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Rencana PSSI untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sabagai manajer pelatih Timnas Indonesia turut mendapat perhatian dari media Korea Selatan.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan bahwa finalisasi perpanjangan kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia akan dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Belum tahu finalisasi kontraknya kapan. Itu kewenangan Exco," ujar Yunus Nusi di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022).

Yunus Nusi menjelaskan bahwa PSSI bisa saja membarui kontrak Shin Tae-yong sebelum Piala AFF pada akhir tahun ini.

2 dari 5 halaman

Pemberitaan Media Korea

Media-media Korea selalu update tentang kiprah Shin Tae-yong di Indonesia.

Uniknya, mereka kerap mengaitkan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia, dan Vietnam. Maklum saja, karena Vietnam juga ditangani oleh pelatih Korea, Park Hang-seo.

"Ketika Shin menjabat sebagai pelatih tim nasional sepak bola Indonesia pada 2019, ia memimpin pertandingan untuk berbagai kelompok umur, dari U-19, U-20, dan U-23. Selain melaju ke final Piala Asia 2023, mereka mencapai final AFF Cup dengan mengalahkan Vietnam yang diadakan pada Desember tahun lalu," demikian yang ditulis newsis.com, mengenai rencana PSSI memperpanjang kontrak STY.

Maksud 'mengalahkan' Vietnam adalah, Indonesia membuat Vietnam gagal menjadi juara grup dan bertemu Thailand di semifinal, dan akhirnya mereka tersingkir.

3 dari 5 halaman

Kesuksesan STY

"Persatuan Sepak Bola Indonesia puas dengan kepemimpinan Shin Tae-yong dan berusaha untuk memperpanjang kontraknya," demikian reportase donga.com.

Meski STY belum memberikan gelar, PSSI puas dengan pencapaian mantan pelatih Timnas Korsel itu.

"Pelatih Shin membuat prestasi luar biasa dengan melatih tidak hanya tim senior tetapi juga beberapa level usia. Di bawah bimbingan pelatih Shin, Indonesia menorehkan prestasi besar seperti runner-up di Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) 2020, lolos ke Piala Asia Federasi Sepak Bola Asia (AFC) 2023, dan lolos ke AFC U-20 2023," lanjut Donga.

4 dari 5 halaman

Sangat Layak Diperpanjang

"Persatuan Sepak Bola Indonesia mempromosikan perpanjangan kontrak Shin Tae-yong," demikian judul di artikel hankyung.com.

Sama seperti yang lain, Hankyung juga menyoroti jejak apik STY di Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia disebut berada di jalur yang tepat dan menunjukkan peningkatan kualitas permainan.

5 dari 5 halaman

Segera Dibahas

Kepastian perpanjangan kontrak dapat membuat Shin Tae-yong lebih tenang ketimbang terus mendengar pembahasan masa depannya di Timnas Indonesia.

Yunus Nusi menerangkan bahwa Ketua PSSI, Mochamad Iriawan akan mengundang para anggota Exco PSSI untuk mempertahankan Shin Tae-yong demi lebih lama lagi.

"Tentu Ketua PSSI akan memanggil Exco untuk membahas tentang hal ini. Karena secara aturan, ini menjadi ranah keputusan rapat Exco," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer