Sukses


Pandit Vietnam Sanjung Keberhasilan Shin Tae-yong Merombak Timnas Indonesia

Bola.com, Hanoi - Ketangguhan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday mendapatkan perhatian khusus dari pengamat sepak bola Vietnam, BLV Quang Huy. Menurut Quang Huy, ada perkembangan luar biasa yang terlihat dari pasukan Shin Tae-yong tersebut.

Timnas Indonesia meraih hasil positif dalam dua laga FIFA Matchday melawan Curacao. Pasukan Shin Tae-yong itu meraih kemenangan dengan skor 3-2 dan 2-1 atas Curacao pada laga internasional tersebut.

BLV Quang Huy tak terkejut dengan perkembangan pesat Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu berhasil meningkatkan sisi disiplin di skuad Merah Putih.

"Disiplin adalah hal dasar yang membantu perkembangan sepak bola Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong," kata BLV Quang Huy seperti dikutip Soha.

2 dari 5 halaman

Kombinasi Pas

Setelah fondasi disiplin terbentuk, pelatih Shin Tae-yong memiliki kombinasi yang pas dengan materi pemain Timnas Indonesia yang berkualitas.

Perpaduan kedua elemen tersebut ditambah dukungan suporter yang luar biasa sehingga membuat Timnas Indonesia berkembang signifikan.

"Orang Indonesia selalu memiliki kecintaan yang besar terhadap sepak bola. Mereka juga memiliki pemain-pemain berbakat, sama seperti Vietnam," ujar BLV Quang Huy.

"Namun, pada masa lalu disiplin pemain Timnas Indonesia tidak seperti sekarang. Ditambah pengaruh oleh banyak masalah sosial lainnya," tegas BLV Quang Huy.

3 dari 5 halaman

Curacao Menurun

BLV Quang Huy juga menyebut, Timnas Indonesia beruntung bisa mengalahkan Curacao. Menurut Quang Huy, kekuatan Curacao sudah menurun dan tidak sebagus saat 2019.

"Kekuatan Curacao tidak sebagus 2019. Pemain kuncinya memang masih ada, tetapi sudah tua. Adapun kekuatan barunya masih sangat muda," ujar BLV Quang Huy.

"Namun, ketika Timnas Indonesia memenangi dua pertandingan berturut-turut, itu menunjukkan pemain dan pelatih Shin Tae-yong membuat perubahan kualitas yang bagus," tegas BLV Quang Huy.

4 dari 5 halaman

Ranking FIFA Naik Lagi

Kemenangan 2-1 atas Curacao membuat Timnas Indonesia berhasil naik satu peringkat ke posisi 152 pada ranking FIFA. Witan Sulaeman dkk. meraup 7,30 poin berkat kemenangan atas Curacao.

Dengan demikian, Timnas Indonesia kini mengemas 1033,90 poin di ranking FIFA. Adapun Curacao harus turun ke posisi 86 setelah kehilangan 7,30 poin.

Sebelumnya, Tim Garuda juga merengkuh 7,41 poin setelah mengalahkan Curcao dengan skor 3-2 pada pertemuan pertama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 24 September lalu. 

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia sudah naik tiga peringkat dari 155 ke 152. Pasukan Shin Tae-yong tersebut tercatat menggesar Andorra, Yaman, dan Afghanistan.

5 dari 5 halaman

Ranking FIFA Negara ASEAN

96. Vietnam

111. Thailand

134. Filipina

146. Malaysia

152. Timnas Indonesia

158. Myanmar

159. Singapura

174. Kamboja

183. Laos

190. Brunei Darussalam

199. Timor Leste

*Peringkat ini merupakan hitung-hitungan dari Footy Rankings dan belum resmi dari FIFA

Video Populer

Foto Populer