Sukses


Buntut Kasus Kerusuhan Setelah Arema Vs Persebaya, PT LIB Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Bola.com, Jakarta - Insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, setelah laga pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023 antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam WIB, membuat PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memutuskan untuk menghentikan sementara roda kompetisi.

Arema FC mengalami kekalahan 2-3 saat menjamu Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-11 BRI Liga 1 bertajuk derbi Jatim di Stadion Kanjuruhan. Kekalahan dari rival bebuyutan tersebut berbuntut panjang.

Meski pada awalnya situasi akhir pertandingan terbilang kondusif, tapi kemudian sejumlah Aremania yang masuk ke lapangan mulai membuat situasi tidak terkendali.

Petugas keamanan pun mengambil opsi menembakkan gas air mata dan kepanikan pun melanda. Banyak korban berjatuhan, mulai dari sesak napas karena efek gas yang ditembakkan hingga karena terinjak-injak suporter lain yang panik.

 

 
2 dari 4 halaman

Puluhan Korban Jiwa?

Kabar yang beredar pada Minggu (2/10/2022) dini hari WIB menyebut jumlah korban jiwa mencapai puluhan. Namun, belum ada rilis resmi, baik dari PSSI maupun kepolisian.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) merespons cepat insiden tersebut. Operator kompetisi sepak bola di Indonesia itu mengambil keputusan untuk menghentikan sementara roda kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Dalam rilis yang diterima Bola.com, PT LIB menegaskan sikapnya menyusul insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

 

3 dari 4 halaman

Menghentikan Kompetisi

Selain menyampaikan rasa prihatinya, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, juga menegaskan bahwa BRI Liga 1 akan dihentikan selama satu pekan ke depan.

"Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua," ujar Akhmad Hadian Lukita, Minggu (2/10/2022) dini hari WIB.

"Keputusan tersebut (menghentikan kompetisi) kami umumkan setelah mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semua dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Langkah Bijaksana

Sejatinya pada Minggu (2/10/2022) BRI Liga 1 akan mempertandingkan dua laga. Yakni Persib Bandung kontra Persija Jakarta serta PSIS Semarang versus Bhayangkara FC.

Laga Persib Vs Persija yang dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api terhitung rawan. Rivalitas suporter pendukung seringkali berujung pada hilangnya korban jiwa. Keputusan PT LIB dan PSSI menunda pertandingan menjadi tindakan yang bijaksana.

Kasus rusuh di Stadion Kanjuruhan tidak bisa dianggap sepele. Besar kemungkinan merembet ke mana-mana. Situasi sensitif ini layak disikapi dengan kebijakan yang hati-hati dan terukur.

Video Populer

Foto Populer