Sukses


Hasil Lengkap dan Klasemen Liga 1: Borneo FC ke Puncak, Persebaya Curi 3 Poin di Markas Arema FC

Bola.com, Jakarta - Tiga pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023 diselenggarakan sepanjang Sabtu (1/10/2022). Rangkaian pertandingan dibuka dengan suka cita pemain Borneo FC, tapi ditutup dengan duka karena insiden di Stadion Kanjuruhan Malang setelah Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya.

Sabtu, 1 Oktober 2022, mungkin menjadi hari yang istimewa bagi penyerang Borneo FC, Matheus Pato. Pemain asal Brasil itu mencetka hattrick untuk Borneo FC ke gawang Madura United pada menit keenam, 45'+2, dan 65' dalam kemenangan 3-0 di pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023.

Keberhasilan Matheus Pato mencetak hattrick ke gawang Madura United ini menjadi sangat istimewa, baik bagi Borneo FC maupun bagi sang pemain itu sendiri. Jika dilihat dari sisi klub, kemenangan 3-0 berkat gol yang dicetak Matheus Pato membuat Borneo FC kini bertengger di puncak klasemen dan menggeser Madura United.

Sebenarnya hasil 3-0 yang diraiih Borneo FC dan Madura United membuat kedua tim kini memiliki jumlah poin yang sama, yaitu 23 poin. Namun, keunggulan head to head membuat Borneo FC lebih layak berada di puncak klasemen BRI Liga 1.

2 dari 6 halaman

Dua Klub Promosi Berbagi Poin

Setelah Borneo FC mengalahkan Madura United, laga selanjutnya yang digelar pada Sabtu (1/10/2022) adalah duel antara Dewa United menghadapi RANS Nusantara FC. Laga yang disebut sebagai duel tim promosi itu pun berakhir imbang 2-2.

RANS Nusantara FC sempat lebih dulu unggul 2-0 sebelum pertandingan berjalan setengah jam. Pemain asing RANS Nusantara FC asal Jepang, Mitsuru Maruoka, mencetak brace dalam pertandingan ini, tepatnya pada menit ke-14 dan 28'.

Namun, pemain asing Dewa United, Karim Rossi, berhasil menyamakan kedudukan lewat dua gol yang dicetaknya pada menit ke-43 dan 49'.

Kedua tim pun harus puas berbagi poin, di mana hal itu membuat kedua tim kini berada di posisi ke-12 dan 15 dalam klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023.

3 dari 6 halaman

Persebaya Berhasil Bangkit di Kanjuruhan

 

Sementara itu, rangkaian pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 yang digelar pada Sabtu (1/10/2022), ditutup dengan duel derbi Jatim antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya. Pertandingan ini pun menjadi daya tarik kehadiran Aremania yang memadati Kanjuruhan.

Sayangnya, Arema FC harus mengalami kekalahan dalam pertandingan ini. Persebaya bahkan sempat unggul dua gol lebih dulu lewat Silvio Junior yang memanfaatkan umpan dari Marselino Ferdinan pada menit kedelapan. Leo Lelis kemudian berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-32.

Arema FC sempat bangkit pada pengujung babak kedua. Abel Camara pun berhasil mencetak dua gol dalam pertnadingan tersebut. Abel Camara mencetak gol pertamanya dalam laga ini pada menit ke-42. Ia kemudian menjadi eksekutor penalti pada masa injury time dan membuat Singo Edan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Namun, Persebaya berhasil kembali unggul pada awal babak kedua. Sho Ymamoto berhasil mencetak gol bagi Bajul Ijo pada menit ke-51. Keunggulan Persebaya pun bertahan hingga laga usai dan sekaligus mengangkat posisi tim dari peringkat ke-10 dengan 13 poin, terpaut satu poin dari Arema FCC yang berada di posisi kedelapan.

Sayangnya, duel di Kanjuruhan itu ternoda. Insiden kericuhan terjadi melibatkan Aremania dan petugas keamanan di Stadion Kanjuruhan. Insiden ini pula membuat PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memutuskan untuk menghentikan sementara kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 hingga seminggu ke depan.

 

4 dari 6 halaman

Duel Sengit Persib Vs Persija Batal

 

Sejatinya pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023 masih menyisakan dua laga yang baru akan dimainkan pada Sabtu (2/10/2022). Dua pertandingan tersebut antara lain mempertemukan Persib Bandung kontra Persija Jakarta dan PSIS Semarang versus Bhayangkara FC.

Persib Bandung kontra Persija Jakarta merupakan satu pertandingan yang paling dinanti. Namun, termasuk laga antara PSIS Semrang kontra Bhayangkara FC, dua pertandingan tersebut dihentikan sementara waktu oleh PT LIB.

Operator kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 itu memutuskan untuk mengentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama sepekan ke depan sebagai bentuk penghormatan terhadap korban di Stadion Kanjuruhan.. Selain itu, PT LIB memberikan ruang dan waktu kepada PSSI untuk melakukan pengecekan.

 

 
5 dari 6 halaman

Perubahan Posisi di BRI Liga 1

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BRI Liga 1 (@liga1match)

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer