Sukses


PSM Tetap Latihan, Sambil Berharap PSSI Tuntaskan Kasus Kanjuruhan

Bola.com, Gowa, Sulsel - PSM Makassar tetap menggelar latihan meski, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru menghentikan kompetisi Liga 1. 

PSSI dan PT LIB menyetop sementara Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, karena sedang menginvestigasi tragedi kerusuhan yang menyebabkan ratusan suporter meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober lalu.  

“Hari ini kami memulai latihan. Fokus latihan adalah fisik, strategi dan fitnes. Kami tidak bisa pisahkan kompenen pertandingan. Kami naikkan intensitasnya sedikit,” kata Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, kepada awak media di Stadion Kalegowa, Rabu (5/10/2022).

2 dari 4 halaman

Tak Mau Menganggur

 Pelatih asal Portugal itu memang tak mau timnya menganggur. Pasukan Ramang tetap berlatih, dengan harapan Liga kembali digelar.

“Saya hanya pelatih PSM Makassar. Betul, bahwa hal-hal ini harus diperhatikan oleh orang-orang yang punya otoritas dan tanggung jawab terkait penjadwalan ulang,” harapnya.

Bagaimana jika nantinya kompetisi disetop lebih lama atau bahkan hingga dibubarkan?

3 dari 4 halaman

Fokus Program

Bernardo belum memikirkannya. Fokusnya saat ini hanya satu, menjalankan program tim secara bertahap.   

“Selangkah demi selangkah, hari demi hari. Pada saat ini kami belum bisa membuat keputusan,” katanya lagi. 

Terkait tragedi di Kanjuruhan, Bernardo mengaku syok. Ia tak menyangka bahwa ratusan nyawa bisa melayang karena sepak bola. 

“Sebelum datang ke Indonesia saya tidak pernah memprediksikan ini terjadi. Orang-orang meninggal di sepak bola. Yang saya tahu adalah Indonesia dengan suporternya yang fantastis. Apa yang bisa kita kerjakan sekarang adalah membiarkan orang-orang yang punya otoritas untuk memperbaiki ini agar tidak terjadi lagi,” ungkapnya. 

4 dari 4 halaman

Harapan ke PSSI

Bernardo juga berharap PSSI bekerja maksimal untuk menuntaskan kasus Kanjuruhan, karena terlalu banyak korban jiwa.

Menurut data pemerintah, 131 orang meninggal dunia karena tragedi itu.

“Soal masukan ke PSSI, sebaiknya tidak menyampaikan apa opini saya tentang apa yang harus mereka lakukan. Saya harap mereka punya langkah-langkah yang baik,” demikian kata Bernardo. 

Video Populer

Foto Populer