Sukses


Gagal Jadi Tuan Rumah, Timnas Indonesia Harus Siap Bersaing di Grup Neraka pada Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Komite Eksekutif AFC sudah resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Negara Timur Tengah itu mengalahkan Korea Selatan di fase akhir pemilihan.

Indonesia sebenarnya sempat mengajukan diri sebagai calon tuan rumah ajang tersebut. Namun, pada akhirnya AFC lebih memilih Qatar dan Korea Selatan di fase akhir pemilihan.

Pada fase tersebut, Komite Eksekutif AFC melakukan pemungutan suara. Qatar mendapatkan 13 dari 20 suara yang tersedia. Sementara itu Korea Selatan mendapatkan sisanya.

Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 ini sebenarnya patut disayangkan. Sebab, Tim Merah-Putih kehilangan kesempatan duduk di Pot 1.

Dengan menempati Pot 1, Timnas Indonesia sebenarnya memiliki peluang untuk terhindar dari tim-tim besar Asia seperti Iran, Jepang, atau Australia.

2 dari 4 halaman

Siap-Siap Grup Neraka

Saat ini Timnas Indonesia menempati Pot 4 di Piala Asia 2023. Selain Indonesia, di pot tersebut juga ada Malaysia, Hong Kong, Thailand, Tajikistan, dan India.

Dengan berada di Pot 4, Timnas Indonesia harus siap bersaing di grup neraka pada Piala Asia 2023 mendatang. Ada negara yang berada di pot lebih tinggi yang akan menjadi lawan tim asuhan Shin Tae-yong.

Jika melihat ranking FIFA dan berdasarkan pembagian pot, Iran yang berperingkat 20 FIFA, kemudian Irak (68) dan Uzbekistan (77) bisa menjadi lawan terburuk bagi Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia tahun depan.

Menariknya, Timnas Indonesia pun bisa berjumpa lagi dengan Vietnam di babak grup. The Golden Stars ada di Pot 2 pada Piala Asia 2023, setara dengan negara kuat lain seperti China, Suriah, Oman, Irak, dan Uni Emirat Arab.

3 dari 4 halaman

Deja Vu Piala Asia 2004?

Masih ingat dengan Piala Asia 2004? Ajang di mana Timnas Indonesia memperoleh kemenangan pertama di Piala Asia. Saat itu, Ponaryo Astaman dan kolega menang 2-1 atas Qatar di babak grup.

Timnas Indonesia saat itu ada di Grup A bersama tuan rumah China. Di grup itu ada juga dua jagoan Timur Tengah yakni Bahrain dan Qatar.

Dari tiga laga di Grup A, tim asuhan Ivan Kolev menang sekali atas Qatar. Sementara ketika menghadapi Bahrain dan China, Alexander Pulalo dan kawan-kawan mengalami kekalahan.

Menariknya, tiga negara di atas bisa saja kembali menjadi lawan Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia 2023. Qatar sebagai tuan rumah mendapatkan kehormatan berada di Pot 1.

Sementara itu China menempati Pot 2, kemudian Bahrain menempati Pot 3. Timnas Indonesia kita tahu menempati Pot 4.

4 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Punya Lebih Banyak Waktu

Piala Asia 2023 sejatinya bakal digelar di China pada pertengahan tahun. Namun, China kemudian mengundurkan diri dengan alasan lebih fokus menangani Pandemi COVID-19.

AFC pun kemudian memilih Qatar untuk menggantikan posisi China. Dipilihnya Qatar membuat jadwal Piala Asia 2023 mundur menuju akhir tahun.

Mundurnya jadwal Piala Asia itu harus dilakukan untuk kenyamanan pemain dan suporter. Diketahui, cuaca Qatar memang tidak terlalu panas ketika memasuki akhir atau awal tahun.

Kondisi itu bisa mengungkan Timnas Indonesia. Sebab, agenda Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur sangat padat di tahun 2023.

Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20 akan berlaga di turnamen berbeda. Apalagi, tiga Timnas itu ditukangi sosok yang sama yakni Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer