Sukses


Soal Kontribusi Eks Persija di Bali United, Ini Kata Teco

Bola.com, Bali - Stefano Cugurra atau Teco berstatus pelatih Bali United sejak tahun 2019 silam. Sejak itu pula, kiprah tim tidak bisa lepas dari kontribusi pemain eks Persija Jakarta.

Ya, kebetulan sebelum merapat ke Bali United, Teco memang pernah melatih Persija dan membawa tim juara Liga 1 2018.

Pada awal musim menahkodai Fadil dan kolega tersebut, Teco berhasil membawa Bali United meraih trofi perdananya di kompetisi elite Indonesia pada edisi Liga 1 2019.

Hadirnya Teco di Bali United juga berkat beberapa rekan koleganya saat menukangi Persija Jakarta yaitu pelatih fisik, Coach Yogie Nugraha dan beberapa pemain yang dibawanya dari tim ibukota.

2 dari 6 halaman

Tiga Pemain Persija Saat Bali United Juara Liga 1 2019

Mereka adalah tiga pemain belakang yang pernah bekerja dengan Teco di Macan Kemayoran.

Saat itu ada Michael Orah dari sektor bek kiri, dan bek tengah yaitu Gunawan Dwi Cahyo dan Willian Pacheco. Teco pun memberikan penilaian khusus kepada mereka.

"Tahun 2019 ada Gunawan, Michael Orah dan Willian Pacheco. Hanya saja Gunawan tahun kemarin harus menepi karena operasi cedera. Tapi kontribusi mereka sangat baik bisa bantu tim ini juara," ungkap Coach Teco.

3 dari 6 halaman

Kembali Berkontribusi di Liga 1 2021 / 2022

Gunawan memang sempat mengalami cedera saat pelaksanaan pramusim di tahun 2020 dan melakukan operasi. Sehingga pada musim 2021/2022 saat kompetisi kembali berjalan usai pandemi Covid-19, pemilik nomor 13 itu lebih banyak menghabiskan waktu pemulihan operasi cederanya di luar lapangan.

Namun, kontribusi Willian Pacheco dan Michael Orah pada edisi Liga 1 2021/2022 tetap kembali berkelas. Terutama Pacheco yang selalu menjadi starter di lini pertahanan Bali United. Musim itu pun kembali Serdadu Tridatu berhasil mempertahankan gelar juara Liga 1 yang kedua kali untuk pulau Bali.

Setelah sukses menjadi tim yang menciptakan sejarah sebagai tim pertama di Indonesia yang mampu menjuarai trofi Liga 1 dua musim beruntun, Teco kembali melakukan beberapa perombakan skuadnya.

4 dari 6 halaman

Rombak Skuad

Salah satunya adalah mantan Persija, Michael Orah yang memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dan melanjutkan karier di klub daerah asalnya, Sulut United.

Selain itu beberapa nama seperti Gavin Kwan, Stefano Lilipaly, Dias Angga, Samuel Reimas, Taufiq juga turut melanjutkan karier di klub yang baru.

Meski demikian, Teco juga berhasil mendatangkan pemain baru untuk skuadnya di musim ini. Beberapa nama pemain pengalaman seperti Muhammad Ridho, Jajang Mulyana, Hendra Bayauw, Ardi Idrus, Novri Setiawan dan Ramdani Lestaluhu berhasil diamankan jasa mereka.

Dua nama terakhir lagi-lagi adalah mantan anak asuh Teco saat menukangi Persija Jakarta tahun 2018 silam.

5 dari 6 halaman

Perkembangan Novri dan Ramdani Positif

Teco pun tidak memberikan tempat yang spesial pada salah satu pemain. Semua pemain dihadapkan pada tugas dan tanggung jawab menjalani menu latihan yang diberikan secara merata.

Termasuk dua pemain dari Persija Jakarta yang bergabung musim ini dan perkembanganya diakui cukup menjanjikan.

"Musim ini ada Ramdani dan Novri. Saya pikir awal mereka punya adaptasi bagus sama tim dan ketika bermain juga bagus. Dari awal musim sampai saat ini saya pikir bagus. Khusus Ramdani dia punya pengalaman dan saat masuk dari bangku cadangan juga bermain bagus dan bisa bantu tim," jelas coach Teco.

Untuk diketahui, saat ini, Liga 1 2022/2023 sedang setop sementara dampak dari kerusuhan Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban jiwa.

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer