Sukses


Pelatih PSM Berharap Liga 1 Pakai VAR saat Dilanjutkan Nanti

Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, konsisten menyuarakan VAR alias Video Assistant Referee.

Ia menilai, sudah saatnya Liga 1 memakai teknologi tersebut. Hal ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah dan PSSI untuk memperbaiki sepak

bola Indonesia.

Dengan teknologi VAR, kinerja wasit di Liga 1 akan terbantu. Terutama untuk mengambil keputusan-keputusan yang krusial di pertandingan.

"Untuk kebaikan sepak bola Indonesia pada saat liga dijalankan nanti mereka serius membicarakan tentang VAR," kata Bernardo, Selasa (15/11/2022).

2 dari 4 halaman

Pentingnya VAR

Bernardo menilai wasit di pertandingan Liga 1 sering menjadi polemik. Tak jauh-jauh mengambil contoh, Bernardo menyebut PSM Makassar sering jadi korban keputusan wasit yang salah di matanya.

Misal, harusnya offside tapi wasit melihat tidak offside. Begitu pula sebaliknya.

"Saya tidak berani memainkan garis pertahanan agak tinggi. Tentu wasit tak angkat bendera untuk offside. Keputusan itu kecil tapi sangat berpengaruh dalam pertandingan," ulas Bernardo.

3 dari 4 halaman

Demi Kualitas Liga

Kalau ada VAR, Bernardo yakin setiap tim tidak ragu bermain dengan menerapkan pertahanan tinggi. Itu akan membuat pertandingan lebih menarik. Ujungnya adalah kualitas Liga 1 meningkat.

"Dengan ide VAR itu, paling tidak sebagai pelatih terutama saya akan berani memainkan garis pertahanan agak tinggi," katanya.

Sejak datang ke Indonesia, pelatih asal Portugal ini memang langsung dikenal karena sering melontarkan kritik pedas kepada wasit.

4 dari 4 halaman

Momen yang Tepat

Tak hanya di saat pertandingan, kritiknya itu juga sering dilontarkan di sesi press conference sebelum dan setelah pertandingan. Maka, berkali-kali pula dia berkomentar, seandainya ada VAR, maka wasit akan jeli membuat keputusan.

Harapannya ini pun semoga diiyakan pemangku kepentingan sepak bola Indonesia. Mumpung momennya saat ini adalah semangat memperbaiki sepak bola.

"Ya pada saat ini para petinggi federasi sedang banyak meeting dan pertemuan membahas kelanjutan liga dan lain-lain," Bernardo mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer