Sukses


Timnas Indonesia 6 Kali Runner-Up Piala AFF: Kutukan Itu Bisa Berakhir Tahun Ini?

Bola.com, Jakarta - Piala AFF pertama kali digulirkan pada 1996. Saat itu ajang ini menggunakan nama Tiger Cup. Hal itu berkaitan dengan sponsor turnamen saat itu.

Timnas Indonesia tak pernah absen ikut serta sejak ajang itu digulirkan pada 1996. Namun, sampai saat ini belum ada trofi yang bisa dibawa pulang ke Tanah Air.

"Prestasi" yang selama ini lekat dengan Timnas Indonesia adalah enam kali meraih status runner-up di ajang Piala AFF. Tidak ada negara lain di Asia Tenggara yang menyamai pencapaian Timnas Indonesia.

Ada dua negara yang memiliki catatan yang mendekati Timnas Indonesia. Keduanya adalah Thailand dan Malaysia yang sama-sama tiga kali menjadi runner-up.

Bedanya, Thailand sudah enam kali meraih gelar juara. Sementara Malaysia bangga dengan satu gelar Piala AFF yang diraih di Gelora Bung Karno pada 2010.

2 dari 4 halaman

Asing atau Lokal Sama Saja

Piala AFF sudah digelar sebanyak 13 kali. Dari 13 kesempatan itu ada enam pelatih lokal yang mendapatkan kesempatan menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Mereka adalah Danurwindo, Rusdy Bahalwan, Nandar Iskandar Benny Dollo, Nil Maizar, dan Bima Sakti. Nandar Iskandar menjadi pelatih lokal dengan prestasi terbaik di Piala AFF. Ia membawa Garuda menjadi runner-up di Piala AFF 2000.

Menariknya, sejauh ini baru ada empat pelatih asing yang menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF. Mereka adalah Ivan Kolev, Peter Withe, Alfred Riedl, dan Shin Tae-yong. Dengan catatan Withe dan Riedl memimpin skaud Timnas Indonesia lebih dari satu ajang Piala AFF.

Namun, sejauh ini pelatih lokal maupun asing terkesan sama saja. Mereka belum ada yang bisa memberikan gelar juara untuk Timnas Indonesia di Piala AFF.

3 dari 4 halaman

Riedl Terbanyak

Alfred Riedl menjadi pelatih Timnas Indonesia terbanyak yang tampil di Piala AFF. Ia memimpin skuad Garuda di tiga Piala AFF sekaligus yakni pada tahun 2010, 2014, dan 2016.

Reidl dua kali membawa Timnas Indonesia ke babak final. Yakni pada edisi 2010 dan 2016. Sayangnya, di kedua laga final itu skuad Garuda mengalami kekalahan.

Peter Withe dua kali tampil di Piala AFF bersama Timnas Indonesia pada 2004 dan 2007. Performa Timnas Indonesia cukup apik di edisi 2004 dengan meraih gelar runner-up. Sementara pada edisi 2007, Erol Iba dkk gagal lolos dari fase grup.

Shin Tae-yong akan menghadapi Piala AFF keduanya bersama Timnas Indonesia. Mampukah pelatih asal Korea Selatan itu melebihi catatan para seniornya di Timnas Indonesia?

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF

- Piala AFF 1996: Danurwindo

- Piala AFF 1998: Rusdy Bahalwan

- Piala AFF 2000: Nandar Iskandar

- Piala AFF 2022: Ivan Kolev

- Piala AFF 2004: Peter Withe

- Piala AFF 2007: Peter Withe

- Piala AFF 2008: Benny Dollo

- Piala AFF 2010: Alfred Riedl

- Piala AFF 2012: Nil Maizar

- Piala AFF 2014: Alfred Riedl

- Piala AFF 2016: Alfred Riedl

- Piala AFF 2018: Bima Sakti

- Piala AFF 2020: Shin Tae-yong

 

 

Video Populer

Foto Populer