Sukses


PSM Jaga Motivasi Menunggu Kepastian Liga 1

Bola.com, Makassar - Sudah sebulan lebih belum ada kepastian kapan BRI Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan. Imbasnya sangat terasa, terutama terhadap mental pesepak bola. Tidak terkecuali pemain PSM Makassar.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares, mengakuinya. Menurut Bernardo, pada momen seperti ini motivasi pemain pasti turun. Sebab, merasa jenuh dengan agenda tim yang itu-itu saja, yakni hanya latihan tanpa pertandingan.

“Kami harus selalu siap selalu siap. Tapi setelah merasa siap kemudian tidak bertanding, tentu motivasi tidak akan tinggi,” keluh Bernardo, Sabu (19/11/2022).

2 dari 5 halaman

Harus Tetap Profesional

Yang bisa dilakukan Bernardo saat ini hanyalah meminta agar pemain PSM Makassar menjaga profesionalismenya. Di tengah ketidakpastian kompetisi, pemain harus menjalankan kewajiban berlatih.

“Kami harus profesional dan kami harus siap kapan pun. Jadi saat kompetisi dimulai kami bisa membuat yang terbaik," lanjutnya. 

Kompetisi sepakbola kasta teratas di Indonesia, BRI Liga 1 2022/2023 vakum sejak 2 Oktober. Sebulan lebih tanpa pertandingan kompetitif, diisi PSM Makassar dengan tetap menggelar latihan. 

3 dari 5 halaman

Tetap Latihan

Bernardo memilih untuk tetap menggelar latihan, sambil menunggu kepastian jadwal Liga 1.

Ia sempat meliburkan timnya selama 19 hari. Awal November lalu, Wiljan Pluim cs. kemudian kembali dikumpulkan karena sempat mendapat kabar, liga akan dilanjutkan di akhir November. 

4 dari 5 halaman

Uji Coba Terbatas

Selama masa latihan itu pula, Tim Ayam Jantan dari Timur sudah dua kali menggelar uji coba. Sayangnya, lawan latih tanding tidak selevel. Sulit untuk mengukur seberapa berkembang tim ini sejak liga berhenti.  

Hanya atmosfer kompetisi yang bisa mengembalikan motivasi dan semangat para pemain.

"Tapi tentu saja itu tak bagus kalau hanya latihan dan latihan. Kami butuh untuk memainkan pertandingan. Kami butuh liga 1 dimulai," tutup Bernardo.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer