Sukses


Persebaya Berharap Jadwal Lanjutan Liga 1 Tak Bentrok dengan Piala AFF 2022

Bola.com, Surabaya - Publik sepak bola nasional sedang memperbincangkan kembali bergulirnya  Liga 1 2022/2023 pasca tragedi Kanjuruhan. Namun, kali ini menjadi polemik lantaran jadwal itu berbarengan dengan Piala AFF 2022.

Kabarnya, Liga 1 akan dihelat lagi pada Desember mendatang. Masalahnya, Piala AFF 2022 yang merupakan pesta sepak bola Asia Tenggara akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2022.

Jadwal yang berbenturan itu tentu saja akan berdampak pada pemanggilan pemain klub untuk membela Timnas Indonesia. Seperti edisi sebelumnya, kekuatan klub akan tereduksi dengan kehilangan pemain penting yang tampil di Piala AFF 2022.

2 dari 5 halaman

Saran Aji Santoso

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, meminta kepada PT LIB selaku operator Liga 1 tidak buru-buru untuk memutar kompetisi. Aji sadar kekuatan timnya akan tereduksi. Setidaknya ada tiga pemain yang sudah pasti mendapat panggilan.

Mereka adalah Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, dan Koko Ari Araya. Belum lagi jika Ernando Ari sudah pulih. Kiper asli Semarang itu juga pasti masuk skuad timnas.

“Memang, idealnya kompetisi diputar di awal bulan depan. Apalagi, persiapan tim kami sudah sangat bagus. Kalau menurut saya biar lebih fair, kompetisi harus diliburkan saat AFF. Sebab, kalau tetap diputar, kasihan klub yang kehilangan 3-4 pemainnya ke timnas,” ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Dampak ke Klub

Persebaya termasuk klub yang kerap dirugikan dengan pemanggilan Timnas Indonesia. Sebab, klub berjulukan Bajul Ijo itu termasuk yang paling banyak menyumbang pemain ke skuat Garuda.

Musim lalu, Persebaya sudah terdampak dengan terseok-seok saat bersaing di Liga 1 akibat kehilangan pemain Timnas Indonesia. Situasi serupa bisa terjadi lagi jika jadwal kompetisi dan Piala AFF 2022 kembali bertabrakan.

“Padahal, kompetisi yang dijalankan harus berkualitas. Kalau kompetisinya berkualitas, itu juga akan berdampak ke timnas,” imbuh pelatih berusia 52 tahun tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Kabar Lanjutan Liga 1

Saat ini, PT LIB masih menggodok rencana untuk menggelar lagi BRI Liga 1 setelah berhenti sejak 1 Oktober 2022 lalu. Sejauh ini, belum ada tanggap pasti kapan kompetisi kasta teratas itu akan dilanjutkan kembali.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer