Sukses


4 Markas Pesaing Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Kandang Siapa Paling Megah?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kabarnya akan menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sebagai markas di Piala AFF 2022. Keputusan itu diambil karena skuad Merah Putih dilarang berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Timnas Indonesia terusir dari SUGBK karena stadion tersebut akan menggelar Piala Dunia U-20 2023. FIFA disebut memberikan instruksi agar venue untuk Piala Dunia U-20 disterilkan hingga turnamen yang berlangsung pada Mei tahun depan.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga bukan yang pertama buat Timnas Indonesia. Tim Merah Putih tercatat beberapa kali pernah bermain dalam laga persahabatan di stadion berkapasitas 30 ribu kursi tersebut.

Nantinya, Timnas Indonesia akan dua kali bermain pada penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yakni melawan Kamboja (23/12/2022) dan Thailand (29/11/2022).

Lantas, di mana saja markas-markas pesaing Timnas Indonesia di Piala AFF 2022? Berikut ini empat stadion yang akan jadi markas pesaing Tim Garuda pada Grup A Piala AFF 2022.

2 dari 5 halaman

Thailand

Timnas Thailand disebut tidak akan menggunakan Stadion Rajamangala pada Piala AFF 2022. Penyebabnya karena stadion kebanggaan masyarakat Thailand itu akan menggelar dua konser musik pada Desember 2022.

Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) akhirnya memutuskan untuk menggunakan Thammasat Stadium sebagai markas di Piala AFF 2022.  Stadion berkapasitas 25 ribu kursi itu terletak di Pathum Thani, Thailand.

Lokasi Thammasat Stadium terletak 39,5 kilometer dari pusat kota Bangkok. Timnas Thailand memang jarang menggunakan Thammasat Stadium karena biasanya hanya untuk skuad U-23.

3 dari 5 halaman

Filipina

Timnas Filipina akan menggunakan Stadion Rizal Memorial selama Piala AFF 2022. Stadion Rizal Memorial terletak di pusat kota Manila.

Stadion ini memang menjadi markas utama Timnas Filipina. Stadion Rizal Memorial berkapasitas 12 ribu kursi, namun belum semuanya memakai sistem kursi tunggal.

Timnas Indonesia sudah tidak asing dengan Stadion Rizal Memorial. Tercatat beberapa kali skuad Merah Putih tampil di stadion yang sudah ada sejak 1934 itu.

4 dari 5 halaman

Kamboja

Timnas Kamboja akan bermarkas di Morodok Techo National Stadium pada Piala AFF 2022. Stadion itu merupakan bangunan baru yang diresmikan pada 2017.

Biasanya, Timnas Kamboja bermarkas di Olympic Stadium, Phnom Penh. Stadion ini disiapkan juga untuk menggelar SEA Games 2023.

5 dari 5 halaman

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam akan bermarkas di KLFA Stadium selama Piala AFF 2022. Situasi ini terjadi karena markas Brunei yakni Hassanal Bolkiah National Stadium sedang mengalami renovasi.

KLFA Stadium terletak di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia. Stadion ini berkapasitas 18 ribu kursi.

KLFA Stadium bukan venue yang asing. Selain Brunei Darussalam, Timor Leste juga pernah menggunakan KLFA Stadium di Piala AFF 2018.

Video Populer

Foto Populer