Sukses


Timnas Indonesia Berlaga di Piala AFF 2022 Bulan Depan, Pelatih PSM Heran Liga 1 Belum Berlanjut

Bola.com, Makassar - Piala AFF 2022 sudah di depan mata. Dalam waktu satu bulan ke depan, Timnas Indonesia akan beraksi di kejuaraan sepak bola Asia Tenggara itu. Namun, pertanyaannya, kapan Liga 1 2022/2023 berlanjut? Setidaknya itu juga yang dipertanyakan pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Pelatih PSM Makassar itu menyoroti persiapan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Terutama soal pemanggilan pemain, di tengah kompetisi yang sedang tidak berjalan sudah lebih dari satu bulan.

"Sudah pasti akan ada pemain yang dipanggil ke tim nasional. Saya berharap juga ada pemain kami. Namun, dalam momen seperti ini, saya pikir yang paling penting adalah menggelar liga secepatnya," ujar Bernardo Tavares di sela-sela latihan PSM Makassar, Senin (21/11/2022).

Apa yang menjadi sorotan Bernardo Tavares memang ada benarnya. Akan sangat sulit membentuk Timnas Indonesia yang kuat tanpa ditopang kompetisi yang membuat para pemainnya dalam kondisi bugar dan terlatih.

 

2 dari 4 halaman

Perlunya Kompetisi agar Timnas Indonesia Kuat

Belum lagi setelah lama tidak merasakan persaingan di Liga 1, pemain harus langsung berlaga di kompetisi yang besar. Sementara Timnas Indonesia memasang target tinggi, yaitu juara.

Belum pernah sekalipun Tim Garuda merengkuh gelar juara di turnamen yang dulunya disebut Piala Tiger ini.

"Jadi pikiran saya hanya 'ayo segera kembali gelar liga'. Pemain butuh pertandingan yang kompetitif," tegas Bernardo Tavares.

 

3 dari 4 halaman

Pemain PSM untuk Timnas Indonesia

Dalam skuad PSM Makassar saat ini, ada dua nama yang digadang-gadang diboyong pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ke Piala AFF 2022. Mereka adalah wing back Yakob Sayuri dan striker Ramadhan Sananta.

Sementara di kompetisi domestik, Yakob adalah top scorer PSM Makassar dengan 4 gol dan 3 assist. Sementara Sananta, hingga pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 sudah membukukan 3 gol.

"Jika kemudian liga berlanjut, juga harus dengan suporter dan kami bermain di Parepare. Sangat penting untuk kami main kembali di tempat yang sama, seperti ketika liga ini dimulai," ujar Bernardo.

4 dari 4 halaman

Posisi PSM di Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer