Sukses


Kapten PSM Terima Format Bubble BRI Liga 1: Yang Penting Lanjut Dulu

Bola.com, Makassar - Wacana BRI Liga 1 2022/2023 kembali bergulir dengan sistem bubble to bubble, mendapat respons positif gelandang PSM Makassar, M Arfan.

Menurutnya, apapun formatnya tak jadi masalah. Asalkan kompetisi kembali berjalan dulu, setelah sebulan lebih dihentikan. 

“Yang saya dengar katanya akan lanjut di bulan Desember tapi tidak home away. Yang penting lanjut saja dulu. Mau sistem bubble juga tidak masalah. Sudah terlalu lama kompetisi berhenti,” harap Arfan, Minggu (27/11/2022).  

Sistem bubble to bubble sudah tidak asing bagi pesepa kbola di Indonesia. Format seperti ini diterapkan di BRI Liga 1 musim lalu, karena dampak pandemi COVID-19.

“Jadi sudah pernah kami rasakan. Saya rasa pemain tidak akan kaget,” lanjut gelandang yang sering diplot sebagai kapten ini. 

2 dari 5 halaman

Tetap Latihan

Selama kompetisi dihentikan, PSM Makassar terus menggelar latihan.

Jadi, swaktu-waktu liga dimulai, pemain sudah dalam kondisi siap tanding. PSM, saat kompetisi dihentikan ada di posisi ke-3 klasemen sementara. 

“Kami harus pertahankan tren bagus ini, apalagi kita lagi di posisi papan atas. Memang situasinya agak susah, karena kita lama tidak bertanding. Makanya latihan dan persiapan tetap harus terjaga. Lawan juga pasti punya persiapan bagus,” kata pemilik nomor punggung 48 ini.  

3 dari 5 halaman

Belum Terkalahkan

PSM Makassar belum terkalahkan di BRI Liga 1 musim ini. Dari 10 pertandingan, Arfan dan kawan-kawan mencatatkan enam kemenangan dan empat hasil imbang.

Poin yang dikumpulkan adalah 22. Hanya beda 1 poin saja dari Borneo FC dan Madura United di posisi 1 dan 2 klasemen sementara. Tapi dengan tabungan satu pertandingan tunda melawan Barito Putera, Tim Ayam Jantan dari Timur punya peluang naik ke puncak klasemen. 

 

4 dari 5 halaman

Sistem Bubble Hanya Putaran Pertama

Beberapa hari lalu, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus mengatakan, Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan dengan sistem bubble.

Namun, format itu hanya diterapkan sampai putaran pertama berakhir. Sebelum vakum, Liga 1 musim ini baru memasuki pekan ke-11. 

Artinya, putaran pertama tinggal menyisakan enam pertandingan lagi. Rencananya, liga akan kembali bergulir pada 2 Desember mendatang.

Liga 1 musim ini sudah vakum sejak awal Oktober 2022. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu harus disetop imbas dari apa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022. 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer