Sukses


Pemain Termuda dan Tertua Indonesia di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Setelah Piala Dunia 2022, kita akan 'dihajar' oleh perhelatan Piala AFF 2022. Timnas Indonesia, sang juara tanpa mahkota, bakal kembali mengejar gelar perdananya.

Piala Dunia 2022 bakal menjadi panggung internasional terakhir bagi pemain macam Lionel Messi, Cristiano Ronaldo hingga Robert Lewandowski. Rasanya bakal sulit melihat mereka tetap berada di level teratas, empat tahun lagi.

Namun, publik sepak bola dunia tak perlu khawatir ajang terbesar di dunia itu bakal kehilangan gairah. Sebab, sederet nama tenar macam Vinicius Jr. hingga Kylian Mbappe siap meneruskan takhta para senior.

Walupun tak setenar Piala Dunia, perhelatan Piala AFF juga jadi salah satu yang ditunggu masyarakat Indonesia. Turnamen terbesar se-Asia Tenggara itu jadi rujukan melihat perkembangan Timnas Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Tunggu Rilis Skuad Final

Pelatih Shin Tae-yong memang belum mengumumkan nama final untuk penyelenggaraan Piala AFF tahun ini. Tetapi beberapa waktu lalu, dirinya telah merilis 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jelang turnamen.

Lantas, siapa pemain termuda dan tertua dalam skuad bayangan tersebut? Bagaimana kinerja mereka di kompetisi musim ini? Berikut ulasan selengkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Termuda: Marselino Ferdinan (18 Tahun)

Marselino Ferdinan bakal menyandang status pemain termuda di Timnas Indonesia. Pemain yang baru genap berusia 18 tahun itu memang telah menunjukkan kelasnya bersama Persebaya Surabaya.

Walaupun tak banyak tampil lantaran sempat mengalami cedera hamstring di awal musim ini. Ia langsung berpendar begitu kembali ke atas lapangan. Marselino mampu menjadi pembeda dengan mencetak satu gol dan dua assist dalam lima laga.

Pemain kelahiran Jakarta tersebut juga turut dalam TC tim kelompok umur Indonesia U-20 yang berlangsung di Eropa selama 1,5 bulan terakhir. Ia merupakan salah satu pemain utama untuk proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

 

4 dari 4 halaman

Pemain Tertua: Fachruddin Wahyudi Aryanto (33 Tahun)

Sementara itu, Fachruddin Wahyudi Aryanto bakal menyandang status pemain tertua di Timnas Indonesia. Pemain asal klub Madura United itu bakal mendekati usai 34 tahun saat turun di turnamen tersebut.

Walaupun sudah memasuki kepala tiga, penampilannya di pos pertahanan masih sangat kokoh. Ia mengompensasi kekurangan fisiknya dengan pembacaan permainan yang lebih matang dari sebelumnya.

Tak heran bila ia selalu diandalkan oleh klubnya yang kini tengah bersaing memperebutkan gelar. Di level Timnas, pelatih Shin Tae-yong juga sangat memercayainya dengan membebatkan ban kapten di lengannya.

Video Populer

Foto Populer