Sukses


Jelang Piala AFF 2022: TC Timnas Indonesia di Bali Dimulai, Pemain dari Luar Negeri Menyusul

Bola.com, Gianyar - Piala AFF 2022 akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia pun mulai persiapan.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan dan sesi latihan perdana dimulai pada Senin (28/11/2022) di Training Ground Bali United yang terletak di kawasan Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar.

Dari pantauan di lapangan, masih ada beberapa pemain yang belum bergabung dari 28 pemain yang dipanggil dalam pemusatan latihan kali ini. Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Sandy Walsh, hingga Jordi Amat.

Hujan deras dan kilat yang menyambar di sisi timur training ground Bali United. Shin Tae-yong memimpin latihan sejak pukul 17.00 WITA. Timnas Indonesia hanya latihan ringan untuk mengembalikan kondisi fisik.

2 dari 5 halaman

Kondisi

Menurut pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut, hampir semua pemain yang dipanggil kali ini tidak bermain regular selama kurang lebih dua bulan pasca tragedi Kanjuruhan.

"Ini latihan pertama. Ada beberapa pemain yang belum datang," katanya.

"Sebagian besar pemain yang datang sekarang memang tidak mengikuti kompetisi selama dua bulan. Jadi tidak ada pemusatan latihan juga untuk Timnas senior karena kami bawa Timnas U-20 pemusatan latihan di luar negeri," bebernya.

3 dari 5 halaman

Dipercepat

Sebenarnya STY merencanakan melakukan pemusatan latihan di Bali pada 4 atau 10 Desember, namun dia memilih untuk memajukan jadwal.

"Seharusnya ya memang kami baru memulai pemusatan latihan pada 10 Desember. Sekarang kami berkumpul dan fokus meningkatkan fisik dasar pemain. Minggu ini, kami fokusnya kesana dan untuk materi hari ini hanya pemanasan dan saling sapa di lapangan," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Kapan Skuad Full?

Terkait beberapa pemain yang belum bergabung, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Rusia tersebut mengungkapkan, semua pemain akan berkumpul di Bali.

Namun dia belum bisa membeberkan kapan mereka akan tiba.

"Memang untuk TC kali ini, ada 28 pemain yang dipanggil. Jadi Sandy dan Jordi akan bergabung segera. Witan dan Egy juga akan bergabung. Untuk tanggal pastinya, belum tahu. Kemungkinan akan bergabung. Elkan saja yang belum bisa bergabung," terangnya.

5 dari 5 halaman

Pemilihan Lapangan

Terkait pemusatan latihan di Bali dan memilih training ground Bali United, Shin Tae-yong mengungkapkan jika kondisi lapangan yang dimiliki Bali United cukup baik.

Hanya saja, jaraknya yang sedikit jauh dari Sthala, a Tribute Portfolio Hotel Ubud tempat Saddil Ramdani dkk. menginap.

"Memang ada jarak yang agak jauh dari hotel ke lapangan. Tapi yang seperti kita lihat semua, kondisi lapangan dalam keadaan yang baik," tutupnya.

Video Populer

Foto Populer