Sukses


4 Bintang Milik Pesaing Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2022: Buset, Thailand Masih Andalkan Teerasil Dangda

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, dan juara bertahan Thailand.

Piala AFF 2022 diikuti sebanyak 10 tim yang terbagi dalam dua grup. Ajang dua tahunan itu bakal menggunakan format round robin. Nantinya setiap tim akan memainkan empat pertandingan di babak gugur.

Menilik peta persaingan Grup A, Indonesia diprediksi bisa melenggang dengan mudah ke babak selanjutnya. Tanpa mengecilkan dua tim lainnya, barangkali hanya Thailand dan Filipina yang akan menjadi pesaing skuad Garuda dalam memperebutkan tiket ke semifinal.

Meski begitu, Egy Maulana Vikri dkk wajib mewaspadai tim-tim yang tidak begitu diunggulkan. Sebab, jika tidak waspada mereka bisa saja mempermalukan Timnas Indonesia. Terlebih lagi, tim-tim di Grup A juga dihuni sederet pemain berkualitas yang tidak bisa dianggap remeh.

Lantas, siapa saja pemain-pemain dari Grup A yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam babak penyisihan fase grup Piala AFF 2022? Berikut ulasannya:

2 dari 5 halaman

Teerasil Dangda (Thailand)

Teerasil Dangda jadi salah satu pemain yang masuk daftar skuad awal Timnas Thailand di AFF 2022. Usianya memang sudah tidak muda lagi, tetapi Indonesia harus tetap waspada dengan pemain berusia 34 tahun itu.

Teerasil merupakan pemain yang cukup sering membobol gawang Timnas Indonesia. Sejauh ini pemain kelahiran Bangkok, Thailand itu sukses mencetak lima gol ke gawang skuad Garuda.

Dia bahkan pernah menciptakan hat-trick ke gawang Timnas Indonesia pada fase grup Piala AFF 2016. Kemudian, satu gol lainnya dicetak di final leg pertama Piala AFF 2016, hingga membawa Thailand menjadi juara untuk kelima kalinya.

3 dari 5 halaman

Chan Vathanaka (Kamboja)

Chan Vathanaka jadi salah satu pemain yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia. Dia dikenal sebagai penyerang haus gol di Liga Kamboja, tidak heran pelatih Keisuke Honda memplotnya sebagai striker andalan.

Pemain berusia 28 tahun itu juga langganan starting line up Timnas Kamboja. Dia bahkan disebut-sebut sebagai Messi-nya Kamboja.

Chan Vathanaka sudah pernah berkarier di sejumlah negara. Mulai dari Liga Malaysia, tepatnya di Pahang FA. Juga sempat merasakan kasta ketiga Liga Jepang.

4 dari 5 halaman

Jaime Domingo Rosquillo (Filipina)

Nama kedua ada Jaime Domingo Rosquillo dari Filipina. Rosquillo adalah gelandang andalan Filipina di Piala AFF U-19 2022. Pada Piala AFF kelompok umur itu, pemain berusia 19 tahun itu tampil cukup apik bersama The Azkals.

Meski gagal membawa timnya meraih kemenangan, kala itu Rosquillo sukses mencetak satu gol saat Filipina kalah 1-3 dari Myanmar. Nah, bukan tidak mungkin di Piala AFF 2022 Jaime Domingo Rosquillo bisa menjadi salah satu pemain yang merepotkan Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Azizi Ali Rahman (Brunei Darussalam)

Pemain terakhir ada Azizi Ali Rahman. Penyerang berusia 35 tahun menjadi salah satu aktor dibalik kesuksuksesan Brunei Darussalam lolos ke Piala AFF 2022.

Pada leg pertama Kualifikasi Piala AFF 2022, Azizi Ali Rahman mencetak dua gol kala timnya sukses menghajar Timur Leste dengan skor 6-2. (Ana Dewi)

Video Populer

Foto Populer