Sukses


TC Timnas Indonesia di Bali: STY Fokus Penguatan Pemain

Bola.com, Gianyar - Program pemusatan latihan Timnas Indonesia telah berlangsung sejak 28 November 2022. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu menjalani Training Camp (TC) di Bali.

Sebanyak 28 pemain dipanggil mengikuti pemusatan latihan itu. Mereka digembleng dengan serangkaian program latihan berat agar bisa tampil maksimal di Piala AFF 2022.

PSSI melalui kanal YouTube resmi, PSSI TV membagian perkembangan pemusatan latihan Timnas Indonesia. Dalam video yang tayang pada 1 Desember 2022 itu, tampak pelatih Shin Tae-yong memberikan beberapa instruksi.

"Kita perlu menambah latihan penguatan. Setiap TC kita sudah kumpulkan data semua pemain Timnas Indonesia, bagaimana kondisinya," kata Shin di sela sesi latihan itu.

2 dari 5 halaman

Harus Nyaman

Saat ini Timnas Indonesia berisi 28 pemain. Namun, bakal ada beberapa pemain yang dicoret sebelum berlaga di Piala AFF 2022 mendatang.

Shin Tae-yong menginginkan situasi yang kondusif di tim asuhannya. Ia ingin semua pemain ada dalam kondisi yang nyaman.

"Kalau ada situasi yang tidak nyaman dari pemain tolong sampaikan, kami akan bantu," tegasnya kepada para pemain Tim Garuda.

3 dari 5 halaman

Latih Fokus dan Refleks

Salah satu momen menarik pada video itu terjadi ketika kamera menyorot sesi latihan khusus yang dijalani tiga kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, dan Syahrul Trisna.

Ketiganya sempat terlihat kewalahan mengikuti program latihan itu. Namun, perlahan Nadeo dkk. bisa beradaptasi.

Asisten pelatih kiper Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon, terus meneriakkan dua kata yakni "fokus" dan reaksi". Dua kemampuan itu memang wajib dimiliki setiap penjaga gawang.

"Fokus bola aja, perhatikan reaksi. Lihat bola, lihat bola," teriak Yoo.

4 dari 5 halaman

Semangat Spaso

Di skuad terkini Timnas Indonesia ada beberapa pemain yang sempat lama absen, tetapi kini mendapatkan kesempatan kembali membela skuad Garuda. Sebut saja Andy Setyo, Hansamu Yama, dan Ilija Spasojevic.

Spaso pun sangaat antusias menyambut kembalinya dirinya ke Timnas Indonesia. Pemain Bali United itu siap membayar kepercayaan yang sudah diberikan Shin Tae-yong.

"Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia lagi setelah cukup lama tidak dipanggil. Saya dapat kesempatan lagi dan saya percaya saya bisa menjawab kepercayaan coach Shin Tae-yong," tegas Spaso.

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer