Sukses


3 Bomber yang Layak Jadi Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Andai Shin Tae-yong Tak Puas dengan Ilija Spasojevic: Darah Muda!

Bola.com, Yogyakarta - Striker Bali United, Ilija Spasojevic, kembali mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Spaso, panggilan akrabnya, mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) di Bali sebagai persiapan menjelang ajang Piala AFF 2022.

Pemain berusia 35 tahun itu menggantikan penyerang Persikabo 1973, Dimas Drajad, yang mengalami cedera saat menjalani TC. Kali terakhir Spaso memperkuat Timnas Indonesia di ajang internasional, yakni pada 2019 silam. Artinya sudah tiga tahun dia absen membela skuad Garuda.

Pemanggilan Ilija Spasojevic tentu bukan tanpa alasan. Spaso merupakan striker tersubur di Liga 1. Musim lalu, dia mencetak total 23 gol untuk Bali United di Liga 1 2021/2022. Sedangkan musim ini Spaso sudah membuat tujuh gol dan satu assist.

Sebelumnya, pemain naturalisasi asal Montenegro itu sempat mendapat panggilan untuk mengikuti TC Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020. Namun, saat pengerucutan skuad, Spaso dicoret dari daftar skuad oleh pelatih Shin Tae-yong.

Termasuk, dalam TC kali ini, seandainya tak cukup mampu bersaing dengan pemain lainnya, bukan tidak mungkin mantan pemain Bhayangkara FC itu kembali dipulangkan.

Jika benar itu yang harus terjadi, berikut ini tiga pemain yang disebut layak menggantikan posisi Spaso di Timnas Indonesia versi kapten PSIM Yogyakarta, Aditya Putra Dewa.

2 dari 5 halaman

Hokky Caraka

Usianya memang masih sangat muda, yakni 18 tahun. Namun, Hokky Caraka bisa menjadi opsi terbaik yang dinilai layak untuk mendapat kesempatan di Timnas Indonesia saat Piala AFF 2022. Selain itu, Hokky juga jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas U-20 Indonesia.

Aditya Putra Dewa menilai Hokky Caraka merupakan pemain muda yang memiliki potensi besar. Soal urusan mencetak gol, kemampuan pemain asal Gunungkidul ini tidak perlu diragukan lagi.

Sebelumnya dia tampil gacor bersama tim nasional kelompok usia di sejumlah event internasional. Hokky Caraka juga sukses mencetak quattrick alias empat gol di Piala AFF U-19 2022.

"Hokky Caraka saya lihat mempunyai prospek yang cukup baik. Dia masih muda dan di level klub juga diberi kesempatan pelatih bermain di Liga 1. Kalau bisa masuk di timnas senior tentu akan menambah jam terbangnya," ujar Aditya Putra Dewa kepada Bola.com Jumat (2/12/2022) malam.

3 dari 5 halaman

Wildan Ramdhani

Pemain selanjutnya adalah penyerang Persita Tangerang, Wildan Ramdhani. Wildan belum pernah memperkuat Timnas Indonesia di berbagai level. Namun, kemampuan pemain berusia 23 tahun itu layak untuk dicoba.

Sejauh ini Wildan Ramdhani jadi salah satu pemain lokal yang tampil memukau di Liga 1 2022/2023. Dia merupakan pemain lokal kedua yang mampu mencetak gol paling banyak, menyamai koleksi Dimas Drajad dengan lima gol.

"Sama seperti Hokky Caraka. Saya rasa Wildan Ramdhani juga layak diberikan kesempatan seandainya Spasojevic memang belum masuk dalam skema coach Shin Tae-yong. Dia pemain muda yang sedang on fire bersama klubnya dan punya skill yang bagus," kata Aditya Putra Dewa.

 

4 dari 5 halaman

Septian Bagaskara

Nama terakhir ada Septian Bagaskara. Aditya Putra Dewa menilai Septian Bagaskara memiliki naluri mencetak gol yang tinggi. Untuk level klub, dia sudah mengemas dua gol untuk RANS Nusantara FC.

Ketika masih berseragam Persik Kediri, Septian Bagaskara juga menunjukkan performa yang luar biasa. Dia turut andil kala membawa Persik menjadi kampiun Liga 3 2018 dan titel Liga 2 2019.

"Tiga pemain itu sebenarnya mempunyai peluang yang sama, termasuk Septian Bagaskara. Namun, secara kualitas Spaso tentu akan membuktikan kemampuan terbaik dia, apalagi Spaso adalah top scorer di Liga 1 musim lalu," ucap pemain asal Makassar itu.

 

5 dari 5 halaman

Skuad Timnas Indonesia

28 Pemain Timnas Indonesia Persiapan Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna.

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah.

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani.

Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta.

Video Populer

Foto Populer