Sukses


Starting XI Timnas Indonesia Jika Pakai Pemain Termahal Liga 1: Banyak Wajah Lama, Termasuk Evan Dimas

Bola.com, Jakarta - Daftar susunan 11 pemain pertama alias starting eleven Timnas Indonesia bisa menghasilkan komposisi yang menarik jika ukurannya adalah pemain termahal di BRI Liga 1 2022/2023.

Pasalnya, ada sederet pemain yang saat ini sudah menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Ternyata mereka juga memiliki harga pasar yang mahal di BRI Liga 1 2022/2023.

Selain pemain-pemain langganan Timnas Indonesia, muncul beberapa nama yang sebetulnya sudah tersingkir dari daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong.

Namun, nyatanya mereka masih terhitung sebagai pemain dengan harga pasar yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, ada satu nama pemain yang belum pernah dipanggil tim nasional.

Meskipun demikian, pemain yang posisinya di bek kanan ini harga pasarnya relatif tinggi dibandingkan dengan pemain-pemain lokal di posisi yang sama.

Berikut Bola.com menyajikan daftar starting eleven untuk Timnas Indonesia dengan nama-nama pemain termahal di Liga 1 2022/2023.

2 dari 6 halaman

Kiper: Nadeo Argawinata

Di bawah mistar gawang, nama kiper dengan harga tertinggi di BRI Liga 1 2022/2023 ternyata masih dipegang oleh Nadeo Argawinata.

Merujuk pada laman Transfermarkt, Kiper Bali United yang menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ini dibanderol dengan harga pasar senilai Rp4.78 miliar.

Dengan banderol sebesar ini, Nadeo adalah kiper kedua termahal di Indonesia. Dia hanya kalah dari penjaga gawang asing Arema FC, Adilson Maringa, yang punya nilai pasar sebesar Rp6,08 miliar.

3 dari 6 halaman

Bek: Ricky Fajrin, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Fredyan Wahyu

Selanjutnya, di sektor pertahanan, ada empat nama pemain yang muncul dengan nilai pasar tertinggi, yakni Ricky Fajrin, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Fredyan Wahyu.

Ricky Fajrin sejauh ini masih menjadi bek kiri dengan nilai pasar tertinggi, yakni Rp4.78 miliar, sedangkan untuk posisi bek kanan dihuni Fredyan Wahyu (Rp,3.91 miliar).

Untuk duet di jantung pertahanan, ada duo pemain Timnas Indonesia, yakni Rizky Ridho dengan nilai pasar Rp4.78 dan Rachmat Irianto yang dipatok seharga Rp4,78 miliar.

Dari empat nama pemain bertahan ini, Fredyan Wahyu tentu menjadi salah satu kejutan. Sebab, bek asal PSIS Semarang itu belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia.

Pemain berusia 24 tahun asal Boyolali ini hanya sempat memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada tahun 2019 ketika diasuh oleh Indra Sjafri.

 

4 dari 6 halaman

Gelandang: Marc Klok, Ricky Kambuaya, Evan Dimas

Menuju sektor tengah lapangan, tiga gelandang dengan nilai pasar tertinggi di kompetisi Liga 1 2022-2023 ialah Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Evan Dimas Darmono.

Untuk dua nama pertama, penggawa Persib Bandung yang menjadi andalan Timnas Indonesia itu memang harganya cukup besar. Marc Klok, misalnya, dibanderol dengan harga Rp7.82 miliar.

Sementara itu, Ricky Kambuaya punya nilai pasar seharga Rp4.78 miliar. Adapun Evan Dimas saat ini juga masih termasuk sebagai gelandang termahal, yakni dengan nilai Rp4.35 miliar.

Khusus untuk Evan Dimas, pemain yang pernah menjadi kapten Timnas Indonesia ini sudah gagal mempertahankan tempatnya di skuad asuhan Shin Tae-yong.

5 dari 6 halaman

Penyerang: Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Adam Alis

Untuk posisi penyerangan, terdapat dua pemain naturalisasi yang masuk dalam deretan pemain termahal di Liga 1 2022-2023, yaitu Stefano Lilipaly dan Ilija Spasojevic.

Stefano Lilipaly saat ini sudah tak mendapat panggilan Timnas Indonesia. Namun, harga pasarnya tetap terhitung tinggi, yakni mencapai Rp6.08 miliar.

Sementara itu, Ilija Spasojevic dipatok dengan harga sebesar Rp5.65 miliar. Kabar terbarunya, pemain asal Montenegro ini kembali mendapat panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Selanjutnya, ada Adam Alis sebagai penyerang sayap dengan harga tertinggi di Liga 1 2022-2023. Meski sudah tak jadi langganan Timnas, harga pasarnya tetap mencapai Rp4.35 miliar.

6 dari 6 halaman

Starting XI Timnas Indonesia Jika Diisi Pemain Termahal di Liga 1

(4-3-3): Nadeo Argawinata; Ricky Fajrin, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Fredyan Wahyu; Marc Klok, Evan Dimas, Ricky Kambuaya; Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Adam Alis.

Video Populer

Foto Populer