Sukses


Piala AFF 2022, Saatnya Timnas Indonesia Tuntaskan Dendam ke Thailand

Bola.com, Yogyakarta - Gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan, memuji skuad Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2022. Menurutnya, tim Merah Putih dihuni pemain-pemain yang berkualitas.

Terutama adalah pemain yang berkarier di luar negeri seperti Saddil Ramdani bersama Sabah FC di Liga Malaysia dan Asnawi Mangkualam yang membela Ansan Greeners di Korea Selatan.

Belum lagi para pemain seperti Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Jepang), Egy Maulana Vikri (FC ViOn Zlaté Moravce/Slovakia), Witan Sulaeman (AS Trencin/Slovakia), hingga Elkan Baggott (Gillingham FC/Inggris).

Ada pula dua pemain naturalisasi anyar dan berkarier di luar negeri, yaitu Jordi Amat (Johor Darul Takzim/Malaysia) dan Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia). Menurut Arfan, mereka membuat Timnas Indonesia dianggap ancaman.

2 dari 5 halaman

Ingatkan Soal Ancaman Thailand

Oleh karena itu, Arfan yang juga pernah membela Timnas Indonesia pada medio 2017-an itu menilai bahwa skuad Garuda sekarang terbilang lebih baik.

"Saya lihat pemain-pemain yang sekarang sangat mencukupi karena para pemain main di luar negeri. Ada yang Liga Malaysia seperti Saddil dan Asnawi yang bermain di Korea Selatan. Saya kira timnas sekarang jauh lebih baik " kata Arfan kepada Bola.com di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (4/12/2022).

Arfan optimistis timnas Indonesia bisa meraih prestasi terbaik di Piala AFF 2022. Namun, pemain 24 tahun ini juga mengingatkan soal lawan yang perlu diwaspadai, yakni Thailand.

3 dari 5 halaman

Memang Paling Bahaya

Menurut pengamatannya, Thailand masih punya kekuatan yang tak bisa dipandang remeh. Terbukti dalam enam pertemuan terakhir di berbagai ajang, prestasi terbaik Garuda adalah dua kali bermain imbang.

Salah satu hasil imbang itu didapat saat tim Merah Putih menahan Thailand dengan skor 2-2 pada leg kedua final AFF 2020. Sementara pada leg pertama, Indonesia tumbang 0-4.

"Saya pikir lawan terkuat itu menurut saya Thailand. Karena beberapa tahun sebelumnya, Thailand terbukti yang sangat bisa menahan Indonesia," ujar pemain yang mengantongi empat caps bersama Timnas Indonesia ini.

4 dari 5 halaman

Doakan Kesuksesan Timnas Indonesia

 Meski tak bisa ikut berjuang di Piala AFF 2022 karena belum dipilih oleh pelatih Shin Tae-yong, Arfan akan turut membantu dalam doa. Ia berharap rekan-rekan di tim nasional bisa menjadi juara.

"Harapannya semoga teman-teman bisa bermain maksimal dan membawa timnas Indonesia berprestasi," ungkap Arfan.

Secara pribadi, Arfan yang masih berusia 24 tahun masih memiliki ambisi untuk kembali ke timnas Indonesia. Ia bertekad menampilkan performa terbaik bersama PSM Makassar supaya kembali dilirik oleh Shin Tae-yong.

"Sebelumnya sudah pernah dipanggil Shin Tae-yong. Waktu itu sedang pandemi virus corona, semua dipulangkan. Saya berharap bisa mewujudkan lagi masuk tim nasional," tutup pemain asli Makassar itu.

5 dari 5 halaman

Pesaing Indonesia

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022. Tim asuhan Shin Tae-yong akan bersaing bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam, untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.

Video Populer

Foto Populer