Sukses


Penjelasan PT LIB Mengapa Putaran Kedua Liga 1 Belum Tentu Digelar Home-Away dengan Penonton

Bola.com, Solo - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Munafri Arifuddin, menyebut bahwa putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 belum tentu kembali digelar dengan format home-away dan bisa dihadiri oleh penonton.

Menurut Munafri Arifudin, PT LIB akan menilai terlebih dahulu hasil penyelenggaraan sisa putaran pertama Liga 1 2022/2023 yang berlangsung terpusat di Jawa Tengah dan DIY dengan sistem gelembung.

Hasil dari penyelenggaraan sisa putaran pertama ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bersama yang akan disampaikan kepada seluruh klub peserta.

“Jadi, kami memang akan melihat dan me-review dari sistem bubble Liga 1. Nanti kami sampaikan ke klub seperti apa yang akan kami laksanakan di putaran kedua,” kata Munafri Arifuddin dalam sesi konferensi pers di Stadion Manahan, Solo, Senin (5/12/2022).

“Ada begitu banyak hal yang masih harus dibenahi sehingga kami berharap tidak ada kejadian-kejadian lagi yang bisa terjadi dalam sepak bola Indonesia,” ia menambahkan.

2 dari 4 halaman

Putaran Kedua Belum Tentu Home-Away

Mantan Chief Executive Officer (CEO) PSM Makassar itu juga menyebut, seluruh laga yang tersisa di putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023 ini akan menjadi pelajaran berharga untuk menentukan langkah selanjutnya.

Lelaki yang akrab disapa Appi ini juga belum bisa memastikan jika putaran kedua nanti akan kembali digelar secara normal, digelar menggunakan sistem home-away dan bisa dihadiri penonton.

“Pertandingan-pertandingan pada putaran pertama ini nantinya tentu akan menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk kita, apakah nanti kita akan melaksanakan kembali dengan sistem home-away, dengan penonton, atau seperti apa,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Koordinasi dengan Seluruh Pihak

Selain itu, APP juga menjelaskan bahwa PT LIB juga akan terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak yang memiliki kewenangan dalam mengawal proses Transformasi Sepak Bola Indonesia. 

Pihak-pihak yang dimaksud tersebut meliputi FIFA, AFC, PSSI, PT LIB, Kemenpora, KemenPUPR, Kemenkes, hingga kepolisian

Ini masih menjadi kajian kita dan tentu akan berkoordinasi dengan seluruh pihak yang akan memantau seperti apa prosedur keselamatan di setiap stadion yang akan digunakan,” kata APPI.

4 dari 4 halaman

Bubble Jalan Tengah Terbaik

Appi juga menyebut bahwa sistem gelembung ini masih menjadi jalan tengah terbaik untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2022/2023, terutama di putaran pertama.

PT LIB pun memastikan bahwa pihaknya akan tetap menyelesaikan semua sisa laga putaran pertama ini sebelum nantinya mengambil langkah untuk putaran kedua.

“Untuk hari ini, walaupun kita melaksanakannya secara bubble, tetapi ini adalah salah satu cara yang baik untuk mereview segala kegiatan-kegiatan sepak bola yang ada di Indonesia, termasuk liga di seluruh tingkatan yang ada,” ujar APPI.

Video Populer

Foto Populer