Sukses


Peningkatan Performa Fisik Jadi Fokus Utama Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022

Bola.com, Denpasar - Skuad Timnas Indonesia terus digeber latihan jelang Piala AFF 2022. Untuk memantapkan persiapan, saat ini para penggawa Timnas Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) di Bali.

Pada sesi latihan Timnas Indonesia, Pratama Arhan dkk. diberikan menu latihan yang cukup berat. Ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi fisik para pemain sebelum bertarung di ajang dua tahunan itu.

Selain berlatih di lapangan, skuad Garuda juga melakukan latihan gym di bawah komando pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-Gyu. Lantas, bagaimana kondisi fisik para pemain sejauh ini?

 

2 dari 5 halaman

Banyak yang Harus Dibenahi

Pelatih asal Korea Selatan itu membeberkan bahwa masih banyak hal yang harus dibenahi. Fokus utama tim pelatih Timnas Indonesia saat ini adalah memperbaiki fisik.

"Banyak hal yang masih kurang dari para pemain. Sebenarnya susah sekali untuk meningkatkan fisik pemain menjadi maksimal secara singkat. Seperti yang dijelaskan coach Shin Tae-yong di TC sebelumnya juga, pemain harus sudah ada persiapan yang matang terlebih dulu sebelum bergabung ke Timnas Indonesia," ujar Shin Sang-Gyu.

"Kalau begitu pasti akan lebih mudah lagi saat bergabung di Timnas dan untuk kondisi para pemain power dan staminanya masih kurang," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Berharap Fisik Pemain Segera Bugar

Dengan waktu sekitar dua pekan lebih menjelang laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, yaitu melawan Kamboja pada 23 Desember 2022, Shin Sang-Gyu menyebut fisik pemain diharapkan prima.

Kemudian pada pertandingan kedua melawan Brunei Darussalam (26/12/2022), dia ingin kondisi fisik pemain kian bugar. Sehingga saat berjumpa musuh bebuyutan, Thailand (29/12/2022), skuad Garuda bisa lebih optimal lagi.

"Memang bisa dibilang fisik masih kurang. Itu alasan kami percepat TC. Ada dua pertandingan sebelum melawan Thailand dan kedua pertandingan ini bisa meningkatkan fisik sambil menjalani turnamen pasti akan mempertahankan fisik yang sudah terbentuk nantinya," jelasnya.

 

4 dari 5 halaman

Kompetisi yang Sempat Vakum Memberikan Dampak Terhadap Fisik Pemain

Shin Sang-Gyu mengatakan mandeknya kompetisi akibat Tragedi Kanjuruhan cukup memengaruhi kondisi fisik skuad Garuda, terutama bagi pemain lokal yang bermain di Liga 1.

Memang, selama jeda kompetisi para pemain ini rutin melakoni latihan bersama tim masing-masing. Namun, hal itu tetap saja dirasa kurang cukup.

"Memang kekuatan dan fisik dasar sangat kurang saat ini. Apalagi liga harusnya berjalan. Namun, dengan adanya tragedi kemarin, jadi mau tidak mau liga sedang berhenti," kata Shin Sang-Gyu.

"Jadi susah sekali untuk mempertahankan fisik pemain. Saat ini kami fokus agar meningkatkan fisik dasar pemain," lanjutnya.

TC Timnas Indonesia digelar di Lapangan Training Center Bali United, Bali, sejak 28 November lalu. TC yang diikuti 28 pemain itu digelar sebagai persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023.

Tampil di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer