Sukses


BRI Liga 1: Absen 10 Bulan karena Cedera, Persis Dipastikan Kehilangan Bek Naturalisasi hingga Akhir Musim

Bola.com, Solo - Persis Solo dipastikan harus berjuang tanpa diperkuat bek naturalisasinya, Fabiano Beltrame, hingga akhir kompetisi BRI Liga 1 2022/2023. Sebab, pemain kelahiran Brasil itu harus menepi lama karena cedera.

Cedera yang dialami Fabiano Beltrame ini terjadi ketika Persis Solo menjamu Persikabo 1973 pada laga pekan ke-20 BRI Liga 1 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Senin (23/1/2023).

Pada laga ini, Fabiano memang hanya bisa menjalani pertandingan selama 17 menit. Sebab, dia harus ditarik keluar oleh tim pelatih karena mengerang kesakitan.

Tak kuasa melanjutkan pertandingan, pemain asal Brasil itu lalu ditandu ke luar lapangan. Dia pun harus mengakhiri laga lebih cepat karena digantikan oleh Sutanto Tan.

 

2 dari 5 halaman

Cedera Akibat Salah Tumpuan

Dokter Tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, menjelaskan bahwa Fabiano mengalami robekan komplet pada bagian tendon achilles.

Berdasarkan hasil medical check-up yang dilakukan, bek berusia 40 tahun tersebut mengalami cedera pada anterior talofibular ligament (ATFL) dan calcaneofibular ligament (CFL).

Menurut Iwan Wahyu Utomo, cedera ini memang tak disebabkan karena benturan dengan pemain lawan, melainkan kesalahan tumpuan saat melakukan pendaratan.

“Fabiano berebut bola dengan penggawa Persikabo dan pada insiden itu kemungkinan terjadi benturan ringan yang kemudian dilanjut dengan salah tumpuan atau salah mendarat,” kata Iwan Wahyu Utomo, Rabu (25/1/2023).

“Sehingga, hal ini menyebabkan cedera. Tidak ada benturan berat, cedera ini diakibatkan karena salah tumpuan ketika mendarat,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Naik Meja Operasi, Absen 10 Bulan

Berdasarkan hasil analisis Tim Dokter Persis Solo, Fabiano Beltrame harus naik meja operasi untuk menjalani rekonstruksi tendon achilles sebagai langkah penanganan.

Bahkan, bek tengah yang sudah berkarier di Indonesia sejak tahun 2005 ini diprediksi membutuhkan waktu hingga setahun untuk memulihkan cederanya tersebut.

“Fabiano Beltrame harus menepi dari lapangan untuk melakukan proses penyembuhan dan diperkirakan akan kembali merumput setelah 10-12 bulan,” tulis pernyataan resmi Persis Solo.

 

4 dari 5 halaman

Sosok Penting di Jantung Pertahanan

Cedera parah yang dialami Fabiano Beltrame ini jelas menjadi pukulan telak bagi Persis Solo. Sebab, ia adalah sosok pemain yang sangat penting di jantung pertahanan.

Selama musim ini saja, Fabiano sudah mencatatkan 16 kali penampilan di BRI Liga 1. Artinya, dia hanya absen selama empat kali. Salah satu di antaranya disebabkan karena larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning.

Dengan absennya Fabiano Beltrame, Leonardo Medina masih memiliki sejumlah opsi. Selain Rian Miziar, Laskar Sambernyawa juga bisa memasang M Kanu Helmiawan untuk bermain sebagai bek tengah untuk menemani Jaimerson da Silva.

Pasalnya, tim asal Kota Bengawan ini sebelumnya juga sudah sempat kehilangan Andri Ibo yang juga harus absen karena mengalami cedera.

5 dari 5 halaman

Posisi Persis Saat Ini

Video Populer

Foto Populer