Sukses


Duel Antarlini Madura United vs Persebaya: Tuan Rumah Limbung, Kesempatan Bajul Ijo Merajalela?

Bola.com, Pamekasan - Tekad Madura United untuk segera bangkit akan menemui jalan terjal saat menghadapi Persebaya Surabaya dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamellingan, Pamekasan, Minggu (29/1/2023).

Tuan rumah tengah dalam tren memprihatinkan dalam dua laga terakhirnya di BRI Liga 1. Secara beruntun Madura United dikalahkan Persib Bandung dan tim juru kunci, Persik Kediri.

Kegagalan meraup poin dalam dua laga tersebut memaksa klub berjulukan Laskar Sape Kerrap tersebut menjejakkan kaki ke bumi. Walaupun tetap berada di papan atas, mereka harus berbenah agar ambisi juara tak menguap.

Sementara itu, Persebaya justru datang dengan motivasi berlimpah. Mereka berhasil menyapu bersih dua laga pertama di putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 dengan kemenangan atas Persita Tangerang dan Bhayangkara FC.

Dengan situasi yang berkembang, laga bertajuk Derby Suramadu ini jelas memiliki arti besar bagi kedua tim. Mereka pun siap menerjukan pasukan terbaik untuk laga nanti. Lantas, siapa yang lebih unggul di masing-masing lini?

2 dari 6 halaman

Pembuktian Miswar Saputra?

Miswar Saputra sejatinya tak patut disalahkan dalam dua kekalahan Madura United pada putaran kedua BRI Liga 1. Pemain asal Aceh itu tetap tampil luar biasa di bawah mistar dengan menahan sejumlah tembakan pemain lawan.

Menghadapi mantan timnya, motivasinya jelas bakal makin berlipat. Namun, laga ini juga bakal jadi ujian terberat baginya mengingat Persebaya berhasil mencetak tujuh gol dalam dua laga terakhir.

Sementara itu, Ernando Ari sepertinya bakal kembali dipercaya mengawal gawang Persebaya. Penampilan Ernando setelah pulih dari cedera bahu terus membaik. Terkini, ia mampu menyegel gawang timnya dalam dua laga terakhir.

 

3 dari 6 halaman

Pertarungan Duo Samba di Lini Pertahanan

Cleberson Martins jelas bakal kembali diturunkan pelatih Fabio Lefundes untuk pertandingan nanti. Pria asal Brasil itu merupakan salah satu kunci kekuatan pertahanan Madura United sepanjang musim ini.

Kokohnya barisan belakang telah ditunjukkan dengan minimnya gol yang bersarang ke gawang mereka. Madura United hanya memungut bola dari gawangnya sendiri sebanyak 18 kali, terbaik ketiga sejauh musim berjalan.

Sementara itu, Leonardo Lelis bakal kembali diplot sebagai jagoan di pertahanan Persebaya. Tetapi kemampuannya tak hanya membendung serangan lawan. Keunggulannya dalam bola mati kerap kali menjadi pembeda bagi timnya.

 

4 dari 6 halaman

Tanpa Marselino Ferdinan, Persebaya Bisa Apa?

Madura United memiliki banyak stok pemain di lapangan tengah. Mereka bahkan sudah terbiasa bergonta-ganti pemain di setiap pertandingan. Namun, sejatinya ada satu nama yang lebih sering mendapatkan kepercayaan ketimbang rekannya.

Hugo Gomes atau akrab disapa Jaja sudah jadi metronom serangan Madura United sejak musim lalu. Pemain jebolan Timnas Brasil U-20 itu memiliki kemampuan unik dalam mengatur permainan menggunakan kaki kirinya.

Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso harus mulai membiasakan diri bermain tanpa Marselino Ferdinan. Pemain berusia 18 tahun itu memilh menjalani trial ke Belgia pada bursa transfer musim dingin ini.

Tanpa kehadirannya, Persebaya dituntut beradaptasi dengan cepat. Ze Valente mungkin akan didorong lebih ke depan untuk menggantikan perannya sebagai pemain nomor 10 di pertandingan nanti.

5 dari 6 halaman

Lini Depan Persebaya Lebih Menggigit

Salah satu keterpurukan Madura United saat ini tak lepas dari mampetnya lini depan mereka. Lulinha dkk. seolah kehabisan ide saat bola telah memasuki sepertiga akhir permainan.

Impak kehadiran Taufik Hidayat ataupun Kwabena Appiah-Kubi tak bisa langsung diharapkan dalam waktu cepat. Mereka harus segera menambah variasi serangan agar tak semakin buntu di laga-laga selanjutnya.

Sementara itu, lini serang Persebaya bisa dikatakan tengah on fire. Tujuh gol dalam dua laga terakhir sudah menunjukkan hal tersebut.

Pergerakan Paulo Victor tentu wajib diperhatikan setelah mencetak dua gol dalam dua laga meski tampil sebagai pengganti.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer