Sukses


Thailand Hukum Berat Pemain dan Ofisial, Erick Thohir Pastikan Timnas Indonesia U-22 Bebas Sanksi

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan tidak akan memberikan hukuman kepada pemain hingga ofisial Timnas Indonesia U-22 buntut kerusuhan pada babak final SEA Games 2023 Kamboja.

PSSI enggan mengikuti langkah Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) yang menjatuhkan sanksi kepada dua pemain dan tiga ofisialnya akibat terbukti menyerang Timnas Indonesia U-22.

FAT melarang Soponwit Rakyart dan Thirapak Prueangna untuk membela Thailand selama enam bulan. Sementara, Prasadchok Chokmoh, Mayed Madada, dan Patrawut Wongsripuek diskors setahun.

"Yang diintervensi kami kok. Kenapa kami harus menghukum diri sendiri? Begitu," ujar Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023).

"Tentu kami akan melakukan koreksi. Yang pertama didatangkan itu kami kok dan itu tindakan provokasi, ada yang bisa ditolerir dan ada yang tidak."

 

2 dari 5 halaman

Tidak Mau Ikut Campur

Erick Thohir tidak mau ikut campur perihal sikap tegas FAT dalam keributan Thailand U-22 dengan Timnas Indonesia U-22 di partai puncak SEA Games 2023.

"Kami sangat respek dengan Vietnam dan Thailand. Negara-negara lain selama di SEA Games 2023 sangat berhubungan baik. Saya mengapresiasi FAT," jelas Erick Thohir.

"Mungkin ada mekanisme sendiri. Tetapi, saya tidak mau ikut campur dengan kebijakan mereka. Saya tidak mau komentar soal itu," ungkap Erick Thohir.

 

3 dari 5 halaman

Kronologi

Sebelumnya, sejumlah ofisial dan pemain Timnas Indonesia U-22 menjadi korban kebrutalan Thailand U-22 seperti manajer Sumardji, pemain Komang Teguh Krisnanda, dan ofisial Tegar Diokta Andias

Kejadian berawal dari selebrasi bench Thailand U-22 ketika Yotsakorn Burapha mencetak gol penyama kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-90+7. Beberapa ofisial Gajah Perang merayakannya dengan berlari ke bangku cadangan Timnas Indonesia U-22.

Aksi provokasi Thailand U-22 itu dibalas ofisial Timnas Indonesia U-22 tatkala Irfan Jauhari mencetak gol ketiga, sekaligus membawa Timnas Indonesia U-22 unggul 3-2 pada menit ke-101 dalam babak perpanjangan waktu.

Keributan pun pecah. Ofisial Thailand U-22 menghajar Tegar habis-habisan. Sumardji bergerak cepat untuk melerai. Namun, pria berpangkat Kombes. Pol itu justru dipukul dan ditarik kubu lawan hingga ambruk.

 

4 dari 5 halaman

Banjir Kartu

Masih dalam insiden itu, kiper Thailand U-22, Soponwit Rakyart, berlari dari gawangnya untuk memberikan bogem mentah kepada Komang Teguh.

Buntut dari kekerasan yang dilakukan Thailand U-22 itu, dua ofisial Thailand U-22 dan Soponwit Rakyart dikartu merah wasit Matar Ali Al-Hatmi Qasim dari Oman. Komang Teguh juga diusir keluar.

Wasit Matar Ali kembali mengusir pemain Thailand U-22 dengan memberikan kartu kuning kedua bagi Jonathan Khemdee pada menit ke-102 dan Teerasak Poeiphimai pada menit ke-118.

 

5 dari 5 halaman

Bermula dari Ramadhan Sananta?

Usut punya usut, Thailand U-22 terprovokasi dari selebrasi penyerang Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta.

Sananta sempat belari ke bench Thailand U-22 ketika wasit meniup peluit yang nge-prank pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, pada pengujung pertandingan.

Kenyataannya, peluit itu bukan tanda full time, melainkan pelanggaran. Beberapa saat berselang, Thailand U-22 berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 hingga pertandingan harus dilanjutkan lewat babak tambahan waktu.

Video Populer

Foto Populer