Sukses


Timnas Indonesia Gemilang di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Media Korsel: Sihir Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus menembus putaran final Piala Asia 2027. Itu berkat kemenangan 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Hasil ini rupanya mendapat sorotan dari media Korea Selatan, MK Sports. Mereka menilai keberhasilan Timnas Indonesia itu tidak lepas dari peran pelatih Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan.

“Sihir Shin Tae-yong saat ini sedang dalam proses,” tulis MK Sports, Rabu (12/6/2024).

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin. Sebenarnya masih ada satu laga tersisa, yakni Vietnam kontra Irak yang digelar pada Rabu (12/6/2024) dinihari WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Vietnam Gagal Lolos

Vietnam baru mengemas enam poin dalam lima laga. Kalaupun mengalahkan Irak, Vietnam hanya akan mengemas sembilan poin saja. Yang terjadi, Vietnam kalah 1-3 dari Irak di laga tersebut.

Vietnam pun harus puas mengoleksi enam poin dari enam pertandingan. Sementara Irak sukses mengemas 18 angka alias selalu menang dalam enam laga Grup F.

Status runner-up Grup F membuat Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus putaran final Piala Asia 2027.

3 dari 4 halaman

Sejarah buat Indonesia

Dalam sejarahnya, Timnas Indonesia tercatat menjadi negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1938 di Prancis. Namun, mereka saat itu menggunakan nama Hindia Belanda.

“Alhasil, Indonesia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah lolos ke babak kualifikasi final dan siap menatap Piala Dunia,” tulis MK Sports lagi.

“Indonesia merupakan negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia 1938 di Prancis, namun saat itu berada di Hindia Belanda. Mereka bahkan berpartisipasi sebagai peserta otomatis. Jika mereka berhasil lolos ke babak kualifikasi terakhir dan melaju ke Piala Dunia, maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ini akan menjadi kali pertama mereka melaju.”

“Lolosnya Indonesia ke babak penyisihan final merupakan hasil keajaiban pelatih Shin Tae-yong. Pelatih Shin Tae-yong melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan melaju ke semifinal dengan mengalahkan Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024.”

4 dari 4 halaman

Efek STY

Peran Shin Tae-yong sebagai pelatih di Timnas Indonesia memang memberikan dampak besar. Di Piala Asia 2023 lalu, Garuda untuk kali pertama lolos ke fase gugur, tepatnya babak 16 besar sebelum dikalahkan 0-4 oleh Australia.

Lalu, Timnas Indonesia U-23 menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sebagai debutan, Shin Tae-yong mengantar anak asuhnya menduduki peringkat keempat di turnamen tersebut.

Terkini, Shin Tae-yong kembali mencatatkan sejarah baru dalam kiprah Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia. Sebab, skuad Garuda punya catatan paling mentok hanya berhasil sampai babak kedua.

Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang. Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat dalam babak ketiga nanti untuk delapan kuota AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Undian pembagian grup babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakukan pada 27 Juni 2024.

Sumber: MK Sports

Video Populer

Foto Populer