Sukses


Shin Tae-yong Belum Perpanjang Kontrak 3 Tahun di Timnas Indonesia, Erick Thohir Sudah Sodorkan Proposal sejak 2 Minggu Lalu

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa pihaknya telah menyodorkan perpanjangan kontrak selama tiga tahun kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Erick Thohir sudah memberikan pembaruan perjanjian kepada Shin Tae-yong sejak dua pekan lalu, namun belum ditanda tangan oleh arsitek asal Korea Selatan itu.

Saat ini, Shin Tae-yong sedang pulang kampung ke Korea Selatan. Nakhoda berusia 53 tahun itu meninggalkan Jakarta pada 14 Juni 2024 setelah memimpin Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Erick Thohir menjelaskan bahwa Shin Tae-yong sempat sakit dan dirawat di rumah sakit pada beberapa waktu lalu, sehingga belum bisa meneken perpanjangan kontrak baru.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menunggu Pemulihan

"Kami sudah memberikan final kontrak kepada Shin Tae-yong sejak dua pekan lalu tetapi sekarang Shin Tae-yong sedang beristirahat," ujar Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2024).

"Kemarin Shin Tae-yong ada melakukan kegiatan kesehatan yang harus dirawat di rumah sakit. Jadi, kami masih menunggu recovery Shin Tae-yong," tutur Erick Thohir.

Karena Shin Tae-yong masih belum fit, Erick Thohir berencana untuk menghadiri pengundian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024.

3 dari 4 halaman

Drawing Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Sehingga pada 27 Juni 2024, ketika undian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong tidak mendampingi saya," imbuh Erick Thohir.

"Nanti saya pergi sendiri karena beliau masih dalam pemulihan. Jadi untuk kontrak, kami tunggu. Masa saya mengejar-mengejar kontrak orang yang lagi perawatan," ucap Erick Thohir.

Timnas Indonesia kemungkinan masuk pot terakhir putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, ranking FIFA tim berjulukan Skuad Garuda rendah daripada peserta lainnya.

4 dari 4 halaman

Update Ranking

FIFA merilis peringkat terbaru mereka. Rilis itu dikeluarkan pada Kamis (20/6/2024) sore WIB.Timnas Argentina masih ada di posisi nomor satu dunia. 

Sementara, Timnas Indonesia tak mengalami perubahan peringkat. Tim asuhan Shin Tae-yong saat ini tetap ada di posisi ke-134, atau sama seperti peringkat periode sebelumnya.

Timnas Indonesia menjalani dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sepanjang Juni. Tim Garuda kalah 0-2 dari Timnas Irak dan menang 2-0 atas Timnas Filipina.

Hasil dari dua pertandingan itu membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 5,73 poin. Kini Tim Garuda mengumpulkan 1108,73 poin.

Video Populer

Foto Populer