Sukses


2 Fakta yang Dukung Timnas Indonesia U-19 Melenggang ke Semifinal Piala AFF U-19 2024: Materi Ciamik, Tuan Rumah Pula

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 sebentar lagi berjuang di ajang Piala AFF U-19 2024.

Hanya status juara yang bisa mengobati kekecewaan rakyat Indonesia menyusul kegagalan Timnas Indonesia U-16 di pentas Piala AFF U-16 yang baru saja selesai, dimana di edisi tahun ini Australia tampil sebagai jawara setelah mengalahkam Thailand di final.

Garuda Muda terakhir kali memenangkan Piala AFF U-19 sebelas tahun lalu, tepatnya pada 2013. Saat itu, Indonesia yang dimotori Evan Dimas melaju ke final dan dipartai pamungkas mengalahkan Vietnam via adu tendangan penalti yang berakhir dengan skor 7-6.

Namun, sejak saat ini, Garuda Muda tak pernah lagi juara. Kisah heroik kesuksesan Evan Dimas dan kawan-kawan tak mampu diteruskan genarasi selanjutnya.

Kini, seperti 2013, Timnas Indonesia U-19 juga bertindak sebagai tuan rumah dan ditukangi pelatih yang sama yakni Indra Sjafri. Oleh karena itulah, ini merupakan momen yang tepat untuk menambah trofi sekaligus party di kampung sendiri.

Adapun Piala AFF U-19 2024 akan dimulai dari 17 hingga 29 April mendatang di Surabaya, Jawa Timur. Ada dua venue yang akan dipakai, Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November.

Indonesia berada di Grup A bersama Timor Leste, Filipina, dan Kamboja. Sebagai laga pembuka, Garuda Muda akan bentrok kontra Filipina pada 17 Juli di Stadion 10 November.

Menuju kursi singgasana memang masih terlalu jauh dan berliku. Tapi, untuk lolos ke semifinal saja sebenarnya relatif cukup mudah bagi Jens Raven cs. Setidaknya ada dua fakta kuat yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Faktor Tuan Rumah

Seperti di singgung di atas, Piala AFF U-19 2013 juga berlangsung di Surabaya dan Gresik, Jawa Timur. Saat itu, setiap kali Timnas Indonesia U-19 tampil, Stadion Gelora Delta Sidoarjo tak pernah sepi. Ribuan pemuja setia tak pernah letih memberikan doa dan dukungan kepada Evan Dimas dkk.

Kehadiran fans tentunya menjadi modal krusial bagi tuan rumah, tapi tidak bagi tim-tim lawan. Dukungan serta fanatisme terhadap tim kesayangan menjadi tekanan bagi para lawan.

Di edisi ini pun, ribuan suporter siap tumpah ruah guna memberikan semangat pantang menyerah kepada Jens Raven and the gank.

Bagi tim-tim luar, khususnya sesama negara Asia Tenggara, bermain di stadion mana pun di wilayah Negara Kesatuan Republik (NKR) sama saja dengan "masuk" neraka. Loyalitas dan totalitas suporter Timnas Indonesia bahkan sudah mendunia.

Melihat suporter Indonesia yang tak pernah lelah menyuntikkan semangat sepanjang pertandingan sudah membuat pemain-pemain lawan jiper duluan.

Nah, karena Indonesia sudah lama tak juara di ajang ini, bisa dipastikan dukungan para suporter kian menggila.

 

3 dari 4 halaman

Materi Pemain

Sejauh ini, pelatih Indra Sjafri memang belum merilis secara resmi siapa-siapa saja pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-19 di kejuaraan Piala AFF U-19 2024.

Yang pasti, dari 23 pemain yang saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta merupakan bakat-bakat muda bertalenta yang diproyeksikan ke level timnas selanjutnya.

Beberapa di antaranya adalah Kadek Arel Priyatna, Muhammad Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka Putra Purwanto, Meshaal Hamzah, Welber Jardim, Ousmane Maiket Camara, serta pemain muda yang baru saja dinaturalisasi yakni Jens Raven.

Gabungan pemain produk lokal dan keturunan tentunya membuat skuad Garuda Muda lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Jens Raven misalnya, penyerang berusia 18 tahun ini merupakan wonderkid Dordrecht U-21, Belanda. Di Negeri Kincir Angin, si jangkung 188 cm itu dikenal sebagai sosok penyerang muda berbakat. Musim lalu, di level U-21, ia mengemas delapan gol dalam 20 pertandingan sepanjang musim 2023/2024.

Tak hanya mumpuni di lini tengah, pengagum Marco Van Basten tersebut juga bisa diplot sebagai winger, baik di sisi kiri maupun kanan.

Dengan materi pemain melimpah di semua lini dan mendapat dukungan penuh dari pendukung setia, Timnas Indonesia U-19 so pasti bakal melenggang mudah ke semifinal Piala AFF U-19 2024.

4 dari 4 halaman

Jadwal Laga Pertama

Timnas Indonesia U-19 vs Filipina U-19

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Rabu, 17 Juli 2024

Kick-off: 19.30 WIB

Live: Indosiar dan Vidio

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer