Sukses


Cerita Shin Tae-yong Sempat Sakit Pleuritis: Dioperasi 6 Jam dan Berat Badan Turun 5Kg Sebelum Perpanjang Kontrak di Timnas Indonesia

Bola.com, Yeongdeok - Media Korea Selatan, Chosun, mengabarkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sempat mengidap penyakit pleuritis pada beberapa waktu lalu. Bagaimana ceritanya?

Pada 14 Juni 2024, Shin Tae-yong pulang kampung ke Korea Selatan setelah meloloskan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sehari berselang, Shin Tae-yong disebutkan menjalani operasi pleuritis selama enam jam dan berat badannya turun drastis hingga 5kg.

Pleuritis adalah peradangan yang terjadi dalam pleura atau selaput paru yang disebabkan infeksi bakteri, tuberkolosis, atau kondisi lainnya yang ditandai dengan rasa sakit di dada, terutama ketika menarik napas panjang atau batuk.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Muncul ke Publik

Pada 28 Juni 2024, PSSI mengumumkan Shin Tae-yong telah memperpanjang kontrak selama tiga tahun dengan Timnas Indonesia.

Sebenarnya, PSSI telah menyodorkan perpanjangan kontrak kepada sang pelatih sejak awal Juni 2024. Namun, arsitek berusia 53 tahun itu belum bisa menandatanganinya karena masih sakit.

Shin Tae-yong, pada akhir pekan lalu, baru meresmikan lapangan sepak bola di kampung halamannya, Yeongdeok, Korea Selatan, yang dinamai Shin Tae-yong Soccer Park.

3 dari 5 halaman

Wajah Cerah dan Penuh Energi

"Saat kembali ke Korea Selatan pada 14 Juni 2024, pelatih Shin Tae-yong didiagnosis menderita pleuritis dan pada 15 Juni 2024 menjalani operasi," tulis Chosun.

"Kegiatan pertama yang dilakukan setelah operasi besar selama enam jam adalah menghadiri upacara pembukaan lapangan yang menggunakan namanya di kampung halamannya, Yeongdeok."

"Meskipun berat badannya turun 5kg, wajahnya yang cerah penuh energi," jelas Chosun mendeskripsikan keberadaan Shin Tae-yong pada Sabtu (7/7/2024).

4 dari 5 halaman

Jadwal Kembali ke Indonesia

Shin Tae-yong kemungkinan baru akan kembali ke Jakarta pada 21 Juli 2024 untuk mempersiapkan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mulai September 2024.

"Coach Shin Tae-yong baru datang ke Indonesia pada 21 Juli 2024," ungkap asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nova Arianto, pada beberapa waktu lalu.

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer