Sukses


PSSI Terus Geber Kursus Wasit: Setelah Beri Pelatihan Pengadil BRI Liga 1 Musim Depan, Kali Ini Giliran Asprov DKI

Bola.com, Jakarta - PSSI terus menggeber kursus untuk wasit. Setelah untuk pengadil pertandingan di BRI Liga 1 2024/2025, kali ini buat Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta.

Asprov PSSI DKI Jakarta menggelar kursus wasit di komplek Militer Kolat Koarmada, Jakarta Utara, pada 8-13 Juli 2024. Kursus itu bakal diikuti 51 wasit dan asisten wasit.

"Harapan saya setelah kursus ini selesai dan seluruh peserta mempunyai lisensi C-2 dapat memiliki integritas yang tinggi sebagai pengadil di lapangan saat bertugas," ujar Ketua Plt Asprov PSSI DKI Jakarta, Eko Setyawan.

"Selain itu, juga untuk menegakkan laws of the game, sikap adil, jujur, dan satria sebagai seorang pemimpin pertandingan dan itu mutlak dimiliki," ucap Eko.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Memenuhi Kebutuhan Wasit di Akar Rumput

Eko mejelaskan kursus wasit dan asisten wasit adalah bagian dari implementasi tata kelola organisasi PSSI di bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya perangkat pertandingan.

"Asprov PSSI DKI Jakarta akan segera menggelar kursus pelatih lisensi D, C, dan B untuk memenuhi kebutuhan wasit di tingkat grasroot dengan biaya murah khususnya peserta yang berasal dari DKI Jakarta," imbuh Eko.

Sebelumnya, PSSI juga menyelenggarakan kursus wasit untuk BRI Liga 1 musim depan di Depok, Jawa Barat pada 29 Juni-5 Juli 2024. Satu di antaranya adalah membahas VAR dan Laws of the Game (LOTG).

3 dari 4 halaman

Kursus Wasit BRI Liga 1

Kursus wasit itu diisi materi yang dibawakan instruktur wasit FIFA, Subkhiddin Mohd Salleh, Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, perwakilan dari Federasi Sepak Bola Jepang, Toshiyuki Nagi, dan Pratap Singh.

"Saya berharap ke depannya wasit Indonesia akan makin kompeten bersaing di dunia Internasional memperbaiki kualitas tekniknya dan pastinya berintegritas," tutur Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha Destria.

BRI Liga 1 bakal dimulai pada 9 Agustus 2024. Selama semusim penuh, kompetisi bakal menggunakan VAR. "Sekali lagi, di area Football Development PSSI di area perwasitan kami terus melakukan inovasi. Kali ini agendanya adalah persiapan kursus menuju BRI Liga 1," ucap Tisha.

4 dari 4 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer