Sukses


3 Evaluasi City Jika Ingin Juara Liga Champions

Manchester - Manchester City menunjukkan kualitasnya di bawah Pep Guardiola musim ini. The Citizens sukses meraih gelar Liga Inggris dan Piala Liga.

Uniknya, City tak perlu memeras keringat untuk memastikan gelar juara Liga Inggris tersebut. The Sky Blues -julukan Manchester City- juara setelah West Bromwich Albion mengalahkan Manchester United 1-0.

Kekalahan tersebut membuat MU tak mungkin lagi mengejar torehan poin City yang mencapai 87 poin. Dengan Liga tinggal menyisakan lima pertandingan lagi, MU hanya bisa memetik poin maksimal 86.

Gelar juara musim ini terasa semakin istimewa lantaran mereka juga tercatat sebagai tim terproduktif dengan 93 gol. Pertahanan Manchester City juga patut diacungi jempol lantaran baru kebobolan 25 kali dalam 33 pertandingan.

Terlepas dari hal tersebut, gelar Liga Champions ternyata masih menjadi pekerjaan rumah bagi Vincent Kompany dan kawan-kawan. Di musim ini, mereka tersingkir di perempat final di tangan Liverpool.

Eks kapten Manchester City, Richard Dunne buka suara soal kegagalan mantan timnya. Dunne pun menilai ada tiga hal yang harus diperhatikan Guardiola jika ingin City juara Liga Champions.

Berikut tiga hal yang dimaksud Dunne seperti dilansir Manchester Evening News:

1 dari 4 halaman

1. Lebih Konservatif

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pertahanan. Menurut Dunne, Guardiola harus sedikit konservatif dalam menerapkan strateginya.

Dunne menilai, City terlalu agresif saat menyerang pertahanan lawan. Akibatnya, pertahanan mereka terlalu longgar.

Celah itu, kata Dunne bisa dimanfaatkan lawan. Salah satu buktinya adalah kekalahan dari Liverpool.

"Masalah yang dihadapi Pep adalah, ketika dia mencoba menyerang tim yang tak mencoba mengambil bola dari Manchester City. Mereka harus menyadari adanya perbedaan," ujar Dunne.

"Liverpool mengambil keuntungan dari hal tersebut, terutama di leg pertama. Itulah yang harus diperbaiki oleh Manchester City," kata Dunne menambahkan.

2 dari 4 halaman

2. Menambah Bek Tengah Berkualitas

Hal lain yang tak kalah penting menurut Dunne adalah mencari bek tengah berkualitas. Dunne menilai, selain Vincent Kompany, City kekurangan stok bek berkualitas.

Nicolas Otamendi yang selama ini menjadi andalan, dianggap Dunne belum bisa memenuhi ekspektasi. "Ketika Kompany bermain, itu bagus. Namun dia mulai menua. Otamendi yang berada dalam tekanan, sepertinya gagal merespon dengan baik," ujar Dunne.

"Jadi, dia perlu menambah pemain belakang," kata Dunne menambahkan.

Sebetulnya, Manchester City memiliki sosok John Stones yang sempat mengilap di awal musim. Sayang, bek berusia 23 tahun itu harus absen cukup panjang karena cedera.

3 dari 4 halaman

3. Cari Gelandang Bertahan

Sektor gelandang bertahan juga tak luput dari perhatian Dunne. Pencetak 296 penampilan bagi Manchester City ini menganggap, Fernandinho tak bisa dibiarkan berjuang sendiri di lini tengah.

Dunne mengatakan, gelandang asal Brasil tersebut butuh bantuan untuk melindungi pertahanan City. Apalagi, jika Manchester City berhadapan dengan tim-tim yang punya kualitas setara.

"Mungkin Guardiola harus mendapatkan pemain yang bisa membantu Fernandinho di pertandingan-pertandingan besar. Jika bisa, kesempatan memenangkan Liga Champions akan terbuka buat mereka," kata Dunne.

Sumber: Liputan6.com

Sumber: liputan6.com

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer