Sukses


5 Cara Jurgen Klopp Bikin Liverpool Lebih Kuat pada 2018-2019

Bola.com, Liverpool - Liverpool telah mendatangkan sejumlah pemain baru untuk musim 2018-2019. Akan tetapi, Jurgen Klopp masih bisa membuat The Reds menjelang musim baru.

Klopp memimpin Liverpool ke final Liga Champions 2017-2018. Selain itu, The Reds menduduki peringkat keempat klasemen akhir Premier League 2017-2018.

Padahal, Klopp hanya mendatangkan lima pemain pada musim 2017-2018. Liverpool juga harus kehilangan Philippe Coutinho yang hengkang ke Barcelona pada pertengahan musim.

Situasi tersebut membuat Klopp dijanjikan dana besar untuk bursa transfer musim panas 2018. Manajemen Liverpool optimistis Klopp dapat mengembalikan kejayaan The Reds andai mendapat pemain yang tepat.

Manajer asal Jerman tersebut tidak membuang waktu untuk menambah kedalaman skuat. Dua pemain dipastikan bakal bergabung ke Liverpool pada musim depan, yaitu Naby Keita dan Fabinho.

Meski begitu, Liverpool masih bisa memperkuat tim menjelang musim 2018-2019. The Reds ingin memastikan agar kekalahan di final Liga Champions dari Real Madrid tidak terulang.

 

2 dari 6 halaman

Menambah Kedalaman Skuat

Selain kesalahan Loris Karius, kekalahan dari Real Madrid di final Liga Champions 2017-2018 menunjukkan tipisnya skuat Liverpool. Adam Lallana yang menggantikan Mohamed Salah tidak memiliki kualitas serupa.

Selain itu, Real Madrid memiliki pemain-pemain pengganti seperti Marco Asensio dan Gareth Bale. Di sisi lain, bangku cadangan Liverpool hanya ditempati pemain sekelas Dominic Solanke.

 

3 dari 6 halaman

Merombak Lini Tengah

Trio Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, dan James Milner menjadi andalan di lini tengah Liverpool. Namun, The Reds kerap kesulitan andai satu di antaranya menderita cedera.

Kedatangan Naby Keita dan Fabinho dapat menjadi solusi masalah tersebut. Masalahnya, Klopp wajib mencari formula di lini tengah untuk memadukan keduanya dengan trio lama Liverpool.

 

4 dari 6 halaman

Memanfaatkan Pramusim

Liverpool tidak akan terlalu terpengaruh pada Piala Dunia 2018. Sebagian besar pemain andalan mereka bakal absen pada ajang yang digelar di Rusia tersebut.

Klopp dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk mengintegrasi para pemain baru seperti Fabinho dan Keita. Manajer asal Jerman tersebut bisa membangun tim kuat andai memanfaatkan pramusim dengan baik.

 

5 dari 6 halaman

Mengubah Tim Pelatih

Asisten Klopp, Zeljko Buvac, meninggalkan Liverpool sejak April. Sedangkan pelatih Pepijn Lijnders menerima tawaran kembali ke Anfield setelah berhenti dari timnas Belanda.

Kedatangan Lijnders dapat emmbantu Klopp, namun manajer asal Jerma itu butuh kepala fisioterapis baru. Liverpool memecat Andy Renshaw sejak Oktober 2017.

 

6 dari 6 halaman

Pengembangan Pemain

Klopp terkenal sebagai manajer yang dapat memaksimalkan potensi pemainnya. Contohnya, Dejan Lovren yang tampil gemilang di bawah asuhan Klopp.

Andai dapat memanfaatkan kemampuan dalam mengembangkan pemain, Klopp dapat memaksimalkan Alex Oxlade-Chamberlain, Harry Wilson, dan Sheyi Ojo. Ketiganya merupakan pemain masa depan Liverpool.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer