Sukses


Benefit dari Kegagalan Liverpool di Pentas Piala FA Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Liverpool gagal melangkah ke Putaran IV Piala FA musim ini setelah kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers, Selasa (8/1/2019) dini hari WIB. Namun, beberapa pihak menilai hasil di Stadion Molineaux itu memberi benefit bagi Liverpool.

Menurut pundit asal Inggris, Paul Merson, Liverpool mendapat keuntungan seusai tersingkir dari arena Piala FA. Artinya, The Reds bisa berkonsentrasi pada dua kompetisi penting dan tergolong lebih bergengsi, yakni Premier League dan Liga Champions.

Sepanjang musim ini, Liverpool tak sanggup melanjutkan langkah pada dua turnamen, yakni Piala FA dan Piala Liga Inggris atau Carabao Cup. Walhasil, Mohamed Salah dkk hanya maksimal bisa memberi dua trofi untuk Liverpudlian, yakni Premiership dan Liga Champions.

Paul Merson menganggap keberadaan Liverpool pada dua kompetisi 'tersisa', bisa memberi energi tambahan. Artinya, Manajer Jurgen Klopp dan para pemain bisa selalu mengeluarkan kekuatan maksimum setiap bertarung di Premier League dan Liga Champions.

Dua kompetisi bergengsi tersebut membutuhkan level konsentrasi tinggi, serta konsistensi permainan di sisi terbaik. Artinya, Liverpool dilarang lengah dan menurunkan ritme permainan jika tak ingin tersingkir dari Premier League serta Liga Champions.

Saat ini Liverpool berada di posisi teratas klasemen sementara Premiership 2018-2019. The Reds mengoleksi 54 poin, terpaut empat poin lebih banyak dari posisi ke-2, Manchester City.

Merson menganggap, Liverpool masih memiliki momentum agar kembali ke jalur kemenangan setelah hasil buruk kontra Manchester City, pekan lalu. Eks gelandang Arsenal tersebut memberi wejangan agar Liverpool berkonsentrasi saja di liga domestik.

"Liverpool memiliki kans mencetak sejarah, apalagi belum pernah juara selama 29 tahun. Memang masih ada Liga Champions, tapi menurutku jangan berpikir bisa meraih dua trofi," sebut Merson, di Sky Sports.

Pengamat sepak bola, Alan Shearer menganggap Liverpool tengah mengalami ujian terberat. Saat Liverpudlian gembira, lalu hadir dua pukulan telak, yakni kekalahan dari Manchester City dan Wolves.

"Jelas itu akan berpengaruh. Jadi, Liverpool harus benar-benar tahu saat tepat merotasi skuat. Pada sisi lain, mereka harus fokus pada satu impian saja," kata Shearer.

Sumber: Sky Sports, BBC

 

Tati Sumirah, Prestasi Untuk Bangsa

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer