Sukses


4 Langkah Krusial yang Harus Diambil Manchester United Setelah Permanenkan Status Solskjaer

Manchester - Ole Gunnar Solskjaer resmi ditunjuk menjadi manajer Manchester United (MU). Namun, langkah ini belum menjadi solusi atas segalanya. Setan Merah dinilai perlu melakukan berbagai perubahan lain jika ingin tampil kompetitif dalam perebutan gelar. 

Solskjaer, juru taktik asal Norwegia itu, berstatus manajer interim sejak Desember 2018 setelah Jose Mourinho dipecat.

Solskjaer telah membangkitkan MU yang sempat terpuruk di era Mourinho. Ia membawa Paul Pogba dan kolega memenangkan 10 dari 13 pertandingan Premier League.

Setan Merah juga lolos ke perempat final Liga Champions. Kalah 0-2 di Old Trafford, MU balas membungkam Paris Saint-Germain dengan skor 3-1 di Parc des Princes.

Akan tetapi, waktu akan menentukan apakah MU bisa menjaga permainannya di level atas. Pada dua laga terakhir, Pogba dan kawan-kawan takluk dari Arsenal dan Wolverhampton Wanderers.

Solskjaer dinilai perlu membenahi skuat Manchester United untuk menjadi tim elit Eropa dan mampu bersaing di Premier League serta Liga Champions. Berikut 4 perubahan yang harus dilakukan setelah mengangkat Solskjaer sebagai manajer permanen seperti dikutip dari Sportskeeda, Sabtu (30/3/2019): 

 

2 dari 5 halaman

4. Singkirkan Pemain yang Tampil Buruk

Manchester United (MU) telah mengambil keputusan cukup baik dalam menyingkirkan sejumlah pemain yang tampil buruk. MU telah melepas Morgan Schneiderlin ke Everton dan Marouane Fellaini ke klub Liga China, Shandong Luneng Taishan.

Salah satu pemain yang kemungkinan dilepas pada bursa transfer musim panas 2019 adalah Alexis Sanchez. Winger asal Chile itu tidak dapat mengeluarkan kemampuan terbaik seperti saat memperkuat Arsenal.

Tapi, tak mudah untuk menyingkirkan pemain yang tampil buruk di bursa transfer. Terutama mencari harga yang cocok. Apalagi MU telah menghabiskan uang untuk mendatangkan pemain-pemain tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Rombak Bek Tengah

Setelah era Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic, Manchester United (MU) tidak lagi memiliki duet bek tengah yang tangguh. Banyak bek tengah datang dan pergi, tapi Setan Merah belum menemukan kombinasi tepat.

MU perlu mendatangkan bek tengah yang tangguh. Tak perlu bek mahal seperti Sergio Ramos dan Diego Godin, tapi sesuai dengan kebutuhan tim.

Bek Bournemouth Nathan Ake adalah salah satu pemain yang dapat diboyong MU ke Old Trafford. Pemain asal Belanda itu cukup berpengalaman di Premier League. Sejak 2012, dia telah bermain untuk sejumlah klub seperti Chelsea, Reading, Watford, serta Bournemouth.

Bek tengah lainnya yang bisa direkrut MU adalah Jonathan Tah dari Bayer Leverkusen dan pemain Espanyol, Mario Hermoso.

4 dari 5 halaman

2. Beri Kesempatan Pemain Muda

Sejak Ole Gunnar Solskjaer diangkat menjadi manajer interim Manchester United (MU) pada Desember 2018, sejumlah pemain muda menembus tim utama. Tahith Chong (19 tahun) dan Mason Greenwood (17 tahun) menjalani debut profesionalnya di tim utama MU.

Selain itu, ada juga Angel Gomes (18 tahun) dan Andrea Pereira (23 tahun). Sungguh pemandangan luar biasa melihat pemain muda ini masuk ke tim utama. Tetapi, secara realistis mereka masih perlu meningkatkan diri agar dapat bersaing di level tertinggi.

Sebelumnya, sejumlah pemain jebolan akademi MU telah membuktikan diri di tim utama. Mereka antara lain Marcus Rashford dan Jesse Lingard.

Karena itu, Tahith Chong dan kawan-kawan diharapkan bisa terus berkembang di MU dan mendapat manfaat dari keterlibatan di tim utama.

5 dari 5 halaman

1. Datangkan Pemain Bintang

Selain Paul Pogba dan David de Gea, MU tidak memiliki pesepak bola kelas dunia. Marcus Rashford dan Anthony Martial punya bakal serta aset untuk menjadi pesepak bola elite, tetapi keduanya masih jauh dari kelas dunia.

Alexis Sanchez yang didatangkan pada Januari 2018 gagal mengeluarkan performa terbaiknya seperti saat memperkuat Arsenal. Begitu juga dengan Romelu Lukaku, performanya masih turun-naik dan belumnya sebagai striker kelas dua.

MU perlu mendatangkan pemain kelas dunia untuk bisa bersaing dengan rival sekota Manchester City dan Liverpool. Gareth Bale adalah satu pemain yang mungkin bisa direkrut MU. Winger asal Wales tersebut bisa dimainkan bersama Martial di sayap.

Sergej Milinkovic-Savic adalah pemain lain yang patut dipertimbangkan MU. Gelandang Lazio itu bisa menjadi rekan Paul Pogba untuk semakin memperkuat lini tengah MU.

MU juga perlu mendatangkan striker kelas dunia. Striker Inter Milan Mauro Icardi bisa menjadi pertimbangan.

Video Populer

Foto Populer