Sukses


Jurgen Klopp Temukan Formula Lini Tengah untuk Antar Liverpool ke Tangga Juara

Bola.com, Liverpool - Jurgen Klopp disebut telah berhasil mendapatkan komposisi lini tengah yang solid untuk Liverpool. Para pemain tersebut adalah Naby Keita, Fabinho dan Jordan Henderson.

Klopp identik dengan formasi 4-3-3 di Liverpool. Sebelumnya, lini belakang menjadi titik terlemah Liverpool.

Namun kehadiran Alisson Becker di bawah mistar gawang dan Virgil van Dijk sebagai palang pintu membuat lini pertahanan The Reds membaik. Namun, hal itu membuka permasalahan baru, yaitu di lini tengah.

Liverpool mendatangkan Naby Keita dan Fabinho pada bursa transfer musim panas 2018. Keita memperlihatkan performa yang inkonsisten pada awal musim.

Fabinho lebih parah, karena ia tidak langsung mendapat kesempatan untuk membela Liverpool. Klopp menyebut kalau Fabinho masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Menjelang pertengahan musim, Fabinho mulai mendapat kesempatan tampil. Perlahan, ia mulai mendapatkan kepercayaan dari Klopp.

Hal yang kurang menyenangkan juga dialami Jordan Henderson. Berstatus sebagai kapten tim, Henderson sering disebut tidak konsisten.

Ia ditempatkan di posisi yang dimainkan Gerrard, namun performanya tak stabil. Terkadang efektif, sering kali tidak.

Hal itu membuat Klopp terus melakukan rotasi di lini tengah. Ia terus mencoba sampai Liverpool mendapatkan keseimbangan permainan.

2 dari 2 halaman

Trio Lini Tengah Mulai Tampak Padu

Setelah melewati beberapa pertandingan. Formasi yang diinginkan Klopp mulai terlihat.

Fabinho lebih efektif ketika dimainkan sebagai gelandang tengah. Hal itu bisa dipahami karena sejatinya Fabinho adalah pemain bertahan.

Hal itu membuat Henderson dan Naby Keita memiliki keleluasaan untuk membantu serangan dan membuka ruang untuk para striker The Reds. Keita memiliki kekuatan dan pandai dalam melepas tendangan dari luar kotak pertahanan lawan.

Sementara itu, Henderson hadir sebagai penyeimbang permainan dan difungsikan untuk menjadi pivot ketika Liverpool melancarkan serangan.

Jika trio tersebut bisa memaksimalkan potensi mereka, Liverpool bisa meperbesar untuk meraih gelar pada musim 2018-19. Liverpool membuka peluang untuk melanjutkan ke semifinal Liga Champions setelah meraih kemenangan atas Porto pada laga leg pertama babak perempat final.

Sumber: ESPN

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer