Sukses


3 Kunci Sukses Menchester City Menjuarai Premier League Musim Ini

Bola.com, Manchester - Manchester City menjadi juara Premier League musim ini dan meneruskan tren positif mereka sebagai juara bertahan. Rivalitas sengit dengan Liverpool berhasil mereka menangi di akhir musim dengan mengangkat trofi Premier League, di mana Manchester City memiliki sejumlah kunci sukses untuk mewujudkannya.

Manchester City menjadi juara Premier League musim ini dengan mengoleksi 98 gol, hanya unggul satu poin dari Liverpool yang terus bersaing dengan mereka dalam beberapa pekan terakhir. Liverpool yang hanya mengalami satu kekalahan pada musim ini, dan itu terjadi di laga kontra Manchester City, harus mengakui keunggulan tim asuhan Pep Guardiola.

The Citizens menjadi juara tak hanya dengan jumlah poin terbanyak, tapi juga menjadi tim kedua, setelah Liverpool, yang mencatatkan jumlah kebobolan paling sedikit di Premier League musim ini.

Bicara soal gol ke gawang lawan, Manchester City tak perlu dipertanyakan. 95 gol yang dicetak Sergio Aguero dkk. membuktikan mereka juga merupakan tim paling produktif di Premier League musim ini.

Begitu banyak faktor pendukung yang membawa Manchester City menjadi juara setelah melewati 38 pekan yang berat di Premier League. Namun, jika mau menelaah lebih jauh, ada sejumlah kunci sukses yang membuat The Citizens mampu bersaing dan menjadi yang lebih baik dari 19 tim lainnya.

Dilansir dari Sportskeeda, berikut 3 faktor kunci sukses Manchester City menjadi juara Premier League musim ini.

Sumber: Sportskeeda

2 dari 4 halaman

Fleksibilitas Taktik dan Kedalaman Skuat

Manchester City memiliki kedalaman yang patut dicontoh dalam skuat mereka. Selain itu, mereka sangat fleksibel secara taktik. Mereka membuat beberapa improvisasi dalam beberapa laga di Premier League untuk memperlihatkan fleksibilitas mereka dalam bermain.

Mereka terkadang bisa dikatakan memiliki pemain-pemain cadangan yang terkuat di dunia. Bahkan para pemain pengganti itu memiliki kemampuan luar biasa sesuai dengan tuntutan situasi yang mereka hadapi.

Sebagian besar permainan The Citizens pada musim ini menggunakan formasi 4-3-3. Namun, Guardiola beberapa kali bermain-main dengan sistem permainan mereka. Contohnya, mereka mengadopsi formasi 3-5-2 saat menghadapi Liverpool di Anfield.

Saat itu mereka tidak boleh kalah dalam pertandingan dan memainkan Riyad Mahrez sebagai full-back kanan untuk bisa mempertahankan formasi yang mereka gunakan.

Selain itu, mereka juga memainkan formasi 4-5-1 saat menghadapi Arsenal di Etihad, di mana Fernandinho tampil sebagai bek tengah Aymeric Laporte pun bergeser ke posisi bek kiri untuk mengakomodasi Fernandinho di pusat pertahanan.

Kekuatan yang ada di bangku cadangan pun bisa diukur lewat fakta bahwa pemain seperti Riyadh Mahrez, Vincent Kompany, Kevin De Bruyne, dan Leroy Sane, sering kali berada di sana. Namun, mereka tetap mampu memperlihatkan performa yang luar biasa ketika mereka mendapatkan kesempatan untuk bermain.

Mahrez bahkan mencetak gol ke gawang Brighton dan Kompany mencetak gol kemenangan yang menakjubkan dalam laga kontra Leicester City yang membantu mereka memenangi gelar juara.

3 dari 4 halaman

Penyerang Kunci Tampil Bagus

Manchester City memiliki penyerang kunci seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, dan David Silva. Satu hal yang harus dipuji, pemain-pemain tersebut bermain sangat baik pada musim ini dan membayar kepercayaan dari manajemen klub.

Sterling mendapatkan musim terbaik dalam kariernya dengan mencetak 17 gol dan 10 assist di Premier League. Ia juga menjadi pemain terbaik Premier League pilihan jurnalis olahraga di Inggris.

Sementara itu, Sergio Aguero juga tampil bagus dengan mencetak 20 gol di musim ini. Ia mencetak gol tandang yang penting saat menghadapi Burnley saat pertandingan tampak akan berakhir imbang. Aguero juga mencetak hattrick, termasuk dalam kemenangan 6-0 atas Chelsea, dan membuat pemain muda seperti Gabriel Jesus harus sabar menepi di bangku cadangan.

David Silva juga menjalani musim yang bagus dan memberikan delapan assist di Premier League. Lebih dari itu, Bernardo Silva, seorang gelandang asal Portugal, dianggap menjadi pemain yang luar biasa di lini tengah The Citizens dan membantu mereka memenangi beberapa pertandingan. Performa konsisten dari pemain-pemain yang tidak disebutkan pun telah membantu Manchester City meraih gelar juara.

4 dari 4 halaman

Pertahanan yang Solid

Manchester City berhasil mencetak 20 cleansheet di Premier League musim ini, dan hanya kebobolan 23 gol dalam 38 laga. Hanya Liverpool yang lebih sedikit dalam hal kebobolan. Lini pertahanan Manchester City pun membuktikan performa mereka telah membantu tim meraih gelar juara.

Laporte dianggap sebagai seorang pemain bertahan yang hebat pada musim pertamanya secara penuh di Etihad. Ia bermain dalam 29 pertandingan di Premier League musim ini dan menjadi satu dari beberapa bek tengah terbaik di liga Inggris itu, seperti Virgil van Dijk, Kyle Walker, John Stones, Vincent Kompany, dan Nicolas Otamendi.

Manchester City memiliki beberapa masalah dengan Benjamin Mendy di posisi bek kiri karena ia tak bisa sering tampil karena masalah cedera. Namun, Oleksandr Zinchenko dianggap sebagai satu dari beberapa bek kiri terbaik di Premier League dan membuat posisi tersebut menjadi miliknya di paruh kedua musim.

Video Populer

Foto Populer