Sukses


Rencana Cuti Panjang Jurgen Klopp Menciptakan Gonjang-ganjing di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain ​Liverpool, Steve Nicol, bereaksi seputar kabar yang menyebutkan bahwa pelatih Jurgen Klopp akan mengambil waktu istirahat pada 2022 mendatang. Eks pemain Timnas Inggris tersebut menilai jika keputusan itu diambil Klopp bisa jadi akan berdampak buruk untuk Liverpool. 

Jurgen Klopp baru saja mengantar The Reds menjuarai Champions League untuk keenam kalinya setelah menaklukkan sesama wakil Premier League, Tottenham Hotspur, dengan skor 2-0 akhir pekan lalu di Wanda Metropolitano.

Banyak yang memandang pencapaian Klopp tersebut lebih dari sekedar trofi mengingat dia membangun sebuah skuat yang sangat solid dalam kurun empat tahun di Anfield. 

Sempat dianggap bakal kesulitan mengangkat prestasi  The Reds, pria asal Jerman itu menunjukkan bahwa kesabaran dalam menempuh proses akan membuahkan hasil.

Dalam dua musim beruntun Liverpool berhasil menembus final Champions. Selain itu mereka juga menjadi satu-satunya tim yang bisa menyaingi laju Manchester City di sepanjang Premier League 2018-2019. 

Namun kabar kurang menyenangkan muncul beberapa saat setelah Klopp mengantar timnya menjadi Raja Eropa. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pelatih kelahiran 16 Juni 1967 itu akan mengambil cuti  dari dunia sepak bola pada tahun 2022 mendatang.

"Saya pikir itu (keputusan rehat) masuk akal. Kecuali jika Anda sudah bekerja sebagai pelatih kepala, dan tentu saja di level Premier League dan elit, pekerjaan sebagai manajer cukup membuat stres," kata Nicol dikutip ​Goal International. 

"Anda bertanggung jawab atas segalanya. Anda bertanggung jawab atas bagaimana tim bermain, jika mereka tidak tampil bagus Anda bertanggung jawab untuk itu, tugas Anda adalah membuat mereka bermain bagus. Ada banyak tekanan berbeda yang muncul dengan menjadi pelatih kepala, manajer, apa pun yang Anda inginkan." 

"Jadi, ide itu sepertinya masuk akal untuk Klopp. Namun di sisi lain, itu akan menjadi bencana bagi Liverpool. Anda tidak bisa hanya berbalik dan mengatakan 'saya akan mengambil cuti setahun'." 

 "Dan tentu saja, ketika Anda memiliki manajer yang hebat, seperti Jurgen Klopp, Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan orang ini bertahan dan tidak akan kemana-mana."

Sumber: 90min

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer