Sukses


Pogba Gagal Penalti, Solskjaer Jadi Sasaran Kritikan

Bola.com, Manchester - Kegagalan penalti bintang Manchester United, Paul Pogba, pada laga kedua Premier League kontra Wolverhampton Wanderers, Selasa (20/8/2019) dini hari WIB, menuai kontroversi. Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, ikut jadi sasaran kritik atas insiden tersebut.

Kritrikan datang dari pundit Premier League, Chris Sutton. Menurut dia, pelatih asal Norwegia tersebut lemah dalam penentuan eksekutor penalti di skuat Setan Merah.

Paul Pogba punya kans membuat MU membawa pulang tiga poin saat maju menjadi eksekutor penalti pada menit ke-68. Saat itu kedudukan 1-1. Gol Setan Merah dicetak Anthony Martial pada menit ke-27, kemudian disamakan Wolves pada menit ke-55 melalui Ruber Nerves.

Tapi, penalti Pogba gagal berbuah gol setelah diblok kiper Wolves, Rui Patricio. Insiden itu memicu kritikan karena pekan lalu tugas mengeksekusi penalti dilakukan Marcus Rashford. Sebelum maju sebagai algojo penalti, Pogba terlihat berdebat ringan dengan Rashford.

Sutton mengatakan Solskjaer seharusnya memutuskan siapa yang harus mengambil penalti, bukan malah membiarkan Rashford dan Pogba berdiskusi sendiri di lapangan. Menurut dia, keputusan penendang penalti semestinya diambil sebelum pertandingan.

"Siapa penendang penalti seharunya ditentukan manajer, itu tugas dia. Itu momen besar. United semestinya bisa menang. Anda tak bisa bilang menyerahkan semua kepada pemain. Saya menyukai Solskjaer, tapi itu manajemen yang lemah," kata Sutton mengenai kegagalan penalti Paul Pogba, seperti dilansir BBC. 

 

2 dari 2 halaman

Mustahil Terjadi di Era Sir Alex Ferguson

Sutton mengatakan polemik soal penendang penalti seperti tak mungkin terjadi di era Sir Alex Ferguson. Sang manajer legendaris MU dinilai pasti sudah memutuskan algojo penalti di setiap pertandingan.

"Rashford mungkin gagal juga. tapi kami bisa memahami karena dia yang terakhir kali mengeksekusi penalti (kontra Chelsea). Dia seharusnya tak diperbolehkan membuat keputusan sendiri," kata Sutton.

"Hal seperti ini tak mungkin dibiarkan di bawah seseorang manajer seperti Sir Alex Ferguson," imbuh Sutton.

Kritikan senada sebelumnya dilontarkan legenda MU, Garry Neville. Dia menyebut insiden itu memalukan.

"Mengapa ada debat siapa yang mengambil penalti? Saya tak menyukainya," ujar Neville.

Video Populer

Foto Populer